Kotawaringin Timur

Bupati Kotim Lantik Delapan Pj Kades

KOTIM – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), H.Halikinnor, melantik dan mengambil sumpah delapan Penjabat Kepala Desa, di halaman Kantor Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Rabu (5/07/2023).

Kedelapan Penjabat Kepala Desa yang dilantik tersebut, yaitu Kades Telaga Baru Kecamatan MB.Ketapang, kemudian Kades Tanah Haluan dan Tumbang Penyang Kecamatan Bukit Santuai, lalu Kades Waringin Agung dan Kabuau Kecamatan Parenggean, dan Kades Satiruk Kecamatan Pulau Hanaut, serta Kades Tumbang Hejan dan Luwuk Kowan Kecamatan Telaga Antang.

Pelantikan Penjabat Kepala Desa ini dilaksanakan sehubungan dengan pengunduran diri 13 orang Kades yang ingin maju dalam kontestasi pemilihan legislatif pada pemilihan umum tahun 2024.

Diketahui, pada 5 Juni 2023 telah dilantik 3 orang Pj.Kades dan hari ini sebanyak 8 orang, sementara untuk 2 desa lainnya akan menyusul pelaksanaan pelantikannya.

Pengisian jabatan Kades ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan jabatan Kepala Desa, karena sesuai ketentuan bagi Kades, perangkat desa dan/atau anggota Badan Permusyawaratan Desa apabila mencalonkan diri sebagai calon legislatif harus mengundurkan diri.

“Selamat saya ucapkan kepada saudara-saudara yang baru saja saya lantik hari ini sebagai Penjabat Kepala Desa, bekerjalah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai kepala desa karena hak, kewajiban dan tanggung jawab saudara sama dengan kepala desa definitif,” kata Halikin.

Ia pun berharap agar para Kades yang maju menjadi calon anggota legislatif sukses untuk mencapai tujuan mulia agar dapat membantu memajukan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui jalur legislatif.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DPMD Kotim Raihansyah, menyebutkan dari delapan Pj.Kades yang dilantik ada tiga orang yang berstatus guru PNS.

“Penjabat Kades yang berstatus PNS sebagai guru yakni, M Jais, Jhoni Kastraminata dan Muntaha,” jelasnya. (Tbk)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!