Kalimantan TengahKotawaringin Barat

Gerdayak Kobar Kembangkan Tanaman Lucung jadi Minuman sehat

PALANGKA RAYA – Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak), Kabupaten Kota Waringin Barat (Kobar) melalui UMKM binaannya melakukan pengembangan Lucung atau Kecombrang. Tanaman sejenis Jahe yang biasanya dijadikan bumbu dapur atau obat tersebut, disulap menjadi minuman Jus.

Ketua DPD Gerdayak Kobar, Wendi S.Loentan mengatakan, guna mengembangkan produktifitas UMKM binaan Gerdayak, pihaknya kini tengah mengembangkan minuman dalam bentuk Jus yang bersumber dari rempah-rempah yang ada di sekitar masyarakat Kalteng, khususnya di Kobar. Salah satunya, Jus Lucung yang kini mulai dilakukan pihaknya.

“Tanaman Lucung atau Kecombrang ini biasa tumbuh subur di Kobar. Selama ini juga dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan obat” jelas Wendi, Rabu (12/7/2023).

Dilanjutkannya, di Kobar bahwa tanaman Lucung ini memiliki tiga jenis warna, yakni Putih, Pink dan Merah. Tanaman inilah yang dikembangkan sebagai minuman bentuk Jus karena mudah ditemui.

Ia juga menambahkan, melalui UMKM binaan Gerdayak Kobar, Lucung di olah menjadi minuman Jus yang memiliki rasa yang khas, menyegarkan juga menyehatkan. Diharapkan melalui inovasi ini, yang selama ini harga bunga lucung yang di hargai murah bisa memiliki nilai ekonomis lebih jika di jadikan Buah.

“Jika sudah jadi buah, buah Lucung merah bisa di beli dengan harga Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per Kg, sesuai dengan kualitas buah. Sementara untuk Bunga di pasaran dihargai sekitar Rp 10 ribu per 3 buah” sebutnya.

Wendi juga menambahkan, mengutip komentar Prof. Dr. apt. Mangestuti Agil, MS. memaparkan bahwa pada kembang Kecombrang memiliki kandungan nutrisi bernilai tinggi, seperti asam lemak tak jenuh, protein, asam amino, dan mineral. Juga ada serat yang sangat tinggi konsentrasinya sehingga sesuai untuk menjaga kesehatan jantung, mengendalikan kadar kolesterol, dan mencegah sulit buang air besar. Adanya kandungan kadar asam amino non esensial tinggi juga berfungsi sebagai antiradang, pendongkrak sistem imunitas, antioksidan, dan antimikroba.

Kecombrang juga memiliki berbagai khasiat yang berkaitan dengan kesehatan sel dan pencegahan infeksi. Menurut penelitian, kecombrang dapat menjadi antioksidan, anti tumor, antibakteri, dan anti jamur.

“Kita juga sudah mempelajari dari berbagai penjelasan pihak yang melakukan penelitian terhadap manfaat Kecombrang ini. Ini yang kita kembangkan agar menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi di masyarakat” pungkasnya. (bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!