Kotawaringin Timur

Warga MB Ketapang Diimbau Jangan Bakar Lahan di Musim Kemarau

KOTIM – Camat Mentawa Baru (MB) Ketapang, Kotim, Eddy Hidayat Setiadi, menghimbau agar warga masyarakat di wilayah kecamatannya untuk tidak membakar ladang dan lahan di musim kemarau ini.

“Wilayah Kecamatan MB Ketapang 70 persennya adalah lahan gambut, apabila sudah terjadi kebakaran maka akan sulit sekali untuk dipadamkan,” kata Eddy, Senin (10/07/2023).

“Pemerintah daerah sudah menyiapkan satu buah alat berat atau ekskavator di setiap kecamatan termasuk di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang untuk kegiatan membuka lahan, maka kami menghimbau khususnya kepada masyarakat di wilayah Kecamatan MB Ketapang agar secara bersama menjaga lingkungan kita dengan tidak membakar lahan dan pekarangan secara sembarangan, apalagi di musim kemarau ini,” ujarnya.

Kecamatan Mentawa Baru Ketapang (MB Ketapang), Kabupaten Kotawaringin Timur, ditunjuk menjadi salah satu posko lapangan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Untuk posko lapangan di Kabupaten Kotawaringin Timur ada 5 kecamatan yang ditunjuk. Salah satunya adalah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang,” jelasnya.

“Kami juga dibantu oleh pihak TNI dan Polri, hampir setiap hari ada tim yang turun ke lapangan. Mereka berpatroli untuk memantau titik-titik yang rawan kebakaran,” pungkas Eddy. (Tbk)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!