Gunung Mas

Musrenbangdes Bahas Masalah dan Potensi Desa di Gumas

KUALA KURUN – Sejumlah desa di wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdes) tahun 2024. Kegiatan ini difasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gumas, Minggu (17/9/2023).

 

Kadis DPMD Gumas melalui Kabid Kelembagaan, Perkembangan dan Kerjasama Desa Dedi Koesnawan mengatakan, kegiatan tersebut adalah forum rembuk warga desa dalam membahas masalah dan potensi desa. Sehingga dapat teridentifikasi dengan baik.

 

Dedi mengatakan, kegiatan juga untuk memberikan arah yang jelas atas tindakan yang layak menurut skala prioritas dan dilaksanakan. Khususnya dalam mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki sebagai dasar program kerja pemerintah desa melaksanakan penganggaran dan kegiatan tahunan desa.

 

“Tujuan dari musrenbangdes ialah sebagai model perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah desa, lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa” sebutnya.

 

Dalam kegiatan musrenbangdes tersebut untuk menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan/ tahun yang akan datang. “Selain itu juga untuk menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum musrenbang tingkat kecamatan,” pungkasnya. (rik/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!