HEADLINEKalimantan TengahKalteng BerkahKotawaringin Barat

Pelaksanaan Jambore UMKM Wilayah Barat Berlangsung Meriah

Gerakkalteng.com – Pangkalan Bun – Jambore Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Wilayah Barat Tahun 2023 yang digelar di Pangkalan Bun Park, Kabupaten Kotawaringin Barat berlangsung semarak. Jambore UMKM Wilayah Barat dibuka secara resmi Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Selasa (5/9/2023).

Gubernur mengatakan tujuan digelarnya Jambore UMKM untuk mempertemukan antar antar pelaku usaha, pembina, lembaga keuangan, praktisi, dan stakeholders lainnya, untuk meningkatkan daya saing produk, dan mengembangkan sistem jaringan usaha bagi pelaku UMKM untuk mendukung UMKM naik kelas dan go digital.

“Insyaallah Jambore UMKM Tahun 2023 akan terbagi dalam 3 Wilayah di Kalimantan Tengah, yaitu Wilayah Barat, Tengah dan Timur. Hari ini terlaksana dengan baik di Wilayah Barat terpusat di Kabupaten Kotawaringin Barat”, pungkas Gubernur.

Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin dalam laporannya menyampaikan sesuai dengan tema Jambore UMKM “UMKM Bersatu, Berkembang, Berjaya Menuju UMKM Naik Kelas dan Go Digital”, Jambore UMKM ini diselenggarakan dengan tujuan, antara lain untuk menjembatani keterhubungan  antara UMKM dalam berbagai bidang dengan pelaku usaha untuk kerja sama / kemitraan, meningkatkan wawasan, pengalaman, dan kapasitas SDM pelaku UMKM, agar mampu mengembangkan kegiatan usahanya dan menciptakan produk berdaya saing  global, sehingga mendorong terwujudnya UMKM Naik Kelas dan memberikan pemahaman tentang kewirausahaan dan strategi transformasi menuju UMKM modern berbasis digital.

Materi utama yang akan diangkat dalam kegiatan Jambore UMKM ini adalah seputar Tranformasi UMKM berbasis go digital dan menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan bagi UMKM. Kegiatan ini menghadirkan narasumber, di antaranya Sekretaris Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI A.H. Novieta, kemudian dari OJK dan BPJS Ketengakerjaan Wilayah Kalteng serta Rizky Mahendra Nihin selaku Motivator.

Jambore UMKM Wilayah Barat Tahun 2023 diikuti peserta sebanyak 5.612 orang Pelaku Usaha UMKM.

Kegiatan ini dihadiri Anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran, Sekretaris Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI A.H Novieta selaku salah satu narasumber, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo beserta istri, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Pj. Bupati Kotawaringin Barat  H. Budi Santosa beserta Forkopimda dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin, Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Bupati Seruyan, Sukamara, Lamandau, dan juga Kotawaringin Timur, Staf Ahli Gubernur dan Asisten Setda Prov. Kalteng, Para Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal di Prov. Kalteng, Jajaran Komisaris dan Direksi PT. Bank Kalteng serta para Pelaku UMKM di Kalteng.

(Dn/mmc/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!