Gunung Mas

Sinkronisasi dan Sosialisasi PDRB di Gumas

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) menggelar sikronisasi indikator makro daerah,sosialisasi data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) untuk wilayah setempat. Kegiatan ini mengangkat tema optimalisasi sektor ekonomi kreatif dalam pertumbuhan ekonomi di Gumas, Senin, (2/10/2023).

 

Kepala Bappedalitang Yantrio Aulia melalui Kepala Bidang Perekonomian, Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Yeremia Dodi mengatakan, tujuan kegiatan untuk memberikan gambaran dalam wujud angka-angka yang dihasilkan dari perhitungan berdasarkan berbagai pendekatan. Baik pendekatan produksi, pendapatan maupun pengeluaran secara kaidah statistik.

 

Kemudian, kegiatan juga bertujuan untuk melihat bagaimana perspektif sektor ekonomi kreatif dapat menciptakan kemajuan dan kesejahteraan dengan kemampuannya menyerap tenaga kerja. Sehingga pendapatan masyarakat bertambah yang pada akhirnya akan mengurangi pengangguran dan secara jangka panjang akan mengurangi kemiskinan di masyarakat. Termasuk menjadikan ekonomi kreatif berperan sebagai pendorong perkembangan dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

 

“Sebagai gambaran PDRB merupakan potret perekonomian suatu daerah. Dari data PDRB kita dapat memiliki citra jumlah keseluruhan nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan dari semua kegiatan perekonomian di seluruh wilayah” jelasnya.

 

Dilanjutkannya juga, dalam pemberdayaan masyarakat yang mengedepankan ekonomi kreatif. Untuk itu, perlu menggali dan mengasah potensi kreativitas dan inovasi yang terwujud dalam penemuan-penemuan baru dalam individu masyarakat.

 

“Ekonomi kreatif dipandang sebagai salah satu alternative yang tepat dalam mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

 

Pembicara dalam kegiatan yakni Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Gumas, Waras yang memaparkan berbagai hal terkait gambaran PDRB di Gunung Mas. (rik/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!