HEADLINEKalimantan Tengah

Bappedalitbang Hadiri Rapat Pembahasan Kerjasama Dengan BRIN

FOTO : Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Provinsi Kalimantan Tengah Leonard S. Ampung (kiri).

Gerakkalteng.com – Jakarta – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Provinsi Kalimantan Tengah Leonard S. Ampung melakukan pembahasan Kerja Sama Riset dan Inovasi Daerah Tahun 2024 antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), di Kantor BRIN, Jakarta, Rabu (17/01/2024)

Pada pertemuan yang dipimpin oleh Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN Yopi ini, Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng menyampaikan bahwa perlu adanya Nota Kesepahaman Sinergi antara Kalimantan Tengah dengan BRIN. Kajian yang mendalam sangat dibutuhkan dalam rangka pemanfaatan Sumber Daya Alam Provinsi Kalimantan Tengah untuk penggerak ekonomi.

“Dalam waktu dekat ini akan diikat dalam perjanjian Nota Kesepahaman Sinergi antar Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan BRIN,” ungkap Leonard.

Sementara itu, Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN pada kesempatan tersebut menyampaikan pembinaan teknis terkait Nota Kesepahaman Sinergi untuk Kalimantan Tengah bersama Organisasi Riset – Pelaksana Riset (OR-PR), penyusunan Rencana Induk dan peta jalan pemajuan IPTEK Kalteng serta memberikan timeline penyusunan Rencana Induk dan Peta Jalan Pemajuan Iptek Daerah (RIPJ-PID).

Adapun RIPJ-PID merupakan dokumen yang memberikan arah kebijakan riset dan inovasi serta pemanfaatannya guna peningkatan tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, kualitas kebijakan berbasis bukti, ekosistem riset dan inovasi, serta daya saing daerah.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut ada beberapa hal yang disepakati untuk ditindaklanjuti, antara lain yaitu Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam waktu dekat akan menyusun RIPJ-PID serta menyusun kajian Produk Unggulan Daerah (PUD) dan Nota Kesepahaman Sinergi sesuai dengan permasalahan dan potensi yang strategis dengan melibatkan perangkat daerah.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan mempercepat pembentukan Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (BAPPERIDA) berkoordinasi dengan DPRD Prov. Kalteng.

Tampak hadir pula dalam pertemuan tersebut antara lain Direktur Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah BRIN Sri Nuryanti, serta Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappedalitbang Prov. Kalteng Endy. (dn/mmc)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!