Kalimantan Tengah

Gubernur Salurkan Bantuan Terdampak Banjir di Seruyan

FOTO : Masyarakat saat menerima bantuan Gubernur Kalteng secara simbolis

Gerakkalteng.com – Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran memberikan perhatian serius terkait bencana banjir yang melanda beberapa Kabupaten di Kalimantan Tengah.

Setelah beberapa waktu memantau perkembangan penanganan oleh Pemerintah Kabupaten, sebagai penanggung jawab utama penanganan bencana di daerah Gubernur Kalimantan Tengah melalui Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah (BPB-PK Prov. Kalteng) menyalurkan paket bantuan bagi masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Seruyan, Kamis (13/6/2024).

Sebelumnya, Pemprov juga sudah menyalurkan bantuan ke Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Paket bantuan yang disalurkan tersebut sebanyak 2.685 paket berisikan beras 5 Kg, gula 1 Kg, minyak goreng 1 L, sarden 1 kaleng, dan kopi 1 bungkus,” ucap Kepala Pelaksana BPBPK Prov. Kalteng, Ahmad Toyib.

Toyib juga mengungkapkan, bahwa paket sembako tersebut merupakan dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang anggaran pengadaannya bersumber dari dana Belanja Tidak Terduga (BTT) dan didistribusikan oleh Tim dari BPBPK ke kantor Kecamatan/Desa di Kabupaten Seruyan.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa kondisi banjir di Kabupaten Seruyan sejak tanggal 31 Mei 2024 sampai saat ini di 9 (sembilan) Kecamatan yang meliputi 46 (empat puluh enam) Desa telah mengakibatkan 2.642 KK/9.391 jiwa terdampak banjir, serta fasilitas umum 150 unit dan bangunan rumah sebanyak 2.368 unit terendam air. Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Danau Seluluk, Kecamatan Seruyan Tengah, Kecamatan Danau Sembuluh, Kecamatan Seruyan Hulu, Kecamatan Suling Tambun, Kecamatan Hanau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, dan Kecamatan Seruyan Hilir dengan ketinggian debit air berkisar di 60cm.

Naiknya permukaan air tersebut juga mengakibatkan terganggunya aktivitas, perekonomian dan kesehatan masyarakat, ditambah lagi saat ini sebagian masyarakat sedang mempersiapkan kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Oleh karena itu, dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak berupa bahan pangan, maka logistik yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi perlu segera disalurkan.

“Semoga sembako ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir maupun pasca banjir. Kita semua berdoa dan berharap semoga banjir segera berlalu, sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasanya,” pungkasnya. (Mmc/mara//*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!