Barito Timur

Pabung Kodim 1012/Buntok Berikan Paparan Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme

Foto : Pabung 1012 Buntok Kapten (Ifr) M Ayyub.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1012/Buntok, Kapten (Inf) M Ayyuf memberikan paparan berkaitan pencegahan konflik sosial dan penanggulangan ekstrimisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme .

Pemaparannya disampaikan dalam acara Sosialisasi Teknis Mediasi Pencegahan Konflik Sosial dan Penanggulangan Ekstrimisme yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Timur (Bartim) di Aula kantor Dinas Pertanian, Kamis  (6/6/2024).

Menurut Pabung Kapten (Inf) M Ayyuf, sosialisasi teknis mediasi pencegahan konflik sosial diharapkan dapat menyatukan pandangan ditengah derasnya arus informasi yang rentan menimbulkan konflik sosial, bahkan radikalisme dan ekstrimisme serta terorisme.

Dengan adanya sosialisasi juga, dapat meningkatkan kewaspadaan dini, sehingga timbul keamanan dan ketertiban masyarakat Kabupaten Barito Timur, terlebih menjelang pelaksanaan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024 mendatang.

Disampaikannya Ayyuf, kebutuhan terhadap pendekatan yang menyeluruh dalam penanggulangan terorisme adalah pentingnya menyelaraskan peran dan fungsi pemerintah daerah, serta membangun ketahanan masyarakat secara umum, dalam menangkal ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme.

“Masyarakat harus berperan aktif dalam menjaga situasi kondisi lingkungan, terlebih lagi ketertiban dan keamanan menjelang pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024 yang akan datang,” katanya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!