Kalimantan TengahPalangka RayaSlider

Baling Pesawat Tersangkut Benang Layangan

UPBU Bandara Cilik Riwut Usman Effendi

Palangka Raya, GK- Bermain layang-layang sangat mengasikan, tidak hanya digemari oleh anak-anak saja, namun permainan ini juga digemari oleh kalangan orang dewasa. Sampai saat ini tidak ada aturan yang jelas dari Pemerintahan tentang permainan hembusan angin ini. Dan tidak ada larangan dari pemerintah.

Namun Permainan Layang-Layang yang digemari oleh warga masyarakat Palangka Raya ini, terbilang cukup mengganggu dan membahayakan bagi keselamatan orang lain. Seperti yang terjadi pada pesawat Angkasa Aviation Academy PK WTZ Type C-172 SP mengalami gangguan dimana benang layang-layang nyangkut di baling-baling pesawat sehingga pesawat tidak dapat melanjutkan penerbangan.
” laporan langsung disampaikan ke pada saya, Safety Perforamce Report Sekolah Penerbang Angkasa Aviation Academy mengalami gangguan, pada saat Take Of benang layangan nyangkut terpaksa pesawat harus landing kembali” Jelas Kepala Unit Peyelenggara Badar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya Usman Effendi jum’at (17/4/).
Untuk mengantisipasi agar insiden tersebut tidak terulang kembali, Usman meminta bantuan kepada Camat Pahandut Kota Palangka Raya Abramsyah menghimbau kepada warga di wilayah Kecamatan Pahandut seperti Daerah Langkai, Tanjung Pinang, dan Pahandut untuk tidak bermain layang-layang yang bisa berakibat fatal bagi keselamatan penerbang.
” Jika hal ini tidak cepat diantisipasi oleh Pemerintah Daerah, maka kemungkinan terburuknya pesawat latih calon pilot akan berhenti di atas, dan akan jatuh. ya kalau jatuhnya tidak menimpa rumah warga, kalau menimpa rumah warga, kan tambah banyak makan korban. Justru itu kita minta kesadaran dari masyarakat, karena pesawatnya kan terbangya rendah sehingga rawan nyangkut layang-layang” ujar Usman menambahkan.
Dirinya bersyukur atas respon atau tanggapan dari masyarakat. Sejauh ini menurutnya tidak ada aktifitas permainan layang-layang di area bandara Tjilik Riwut. ” saya juga berterima kasih Respon dari Camat juga cepat dengan menyurati Lurah yang ada di sekitar Wilayah Bandar Udara perihal himbauan kepada masyarakat untuk tidak bermain layang-layang disekitar Bandar Udara.” ucap Usman dengan serius.(sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!