HeadlineKalimantan TengahSlider

Sugianto Sabran: APBD Harus Bermanfaat Untuk Rakyat


PALANGKA RAYA, GK – Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran menegaskan, Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) harus bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat. Maka, jangan dijadikan arena bancakan.

Untuk itu gubernur membuat model pengawasan ketat sejak perencanaan, pembahasan, hingga pelaksanaan anggaran. “Saya ingin anggaran benar-benar bermanfaat bagi rakyat,” tegas Sugianto Sabran di Palangka Raya, Senin (21/11/2016).

Dia pun meminta, setiap kepala dinas dan badan di lingkungan pemerintahannya, agar merencanakan penggunaan anggaran dengan jelas. Pelaksanaannya pun harus terukur dan rapi.

Sugianto menegaskan, di era kepemimpinannya ini, akses informasi publik terkait dokumen penggunaan APBD akan dibuka. Dia pun akan menggandeng lembaga indepanden pemantau angggaran daerah.

“Semakin banyak mata semakin baik pengawasan,” tegas Sugianto Sabran kepada sejumlah wartawan di Istana Isen Mulang, Palangka Raya.

Sugianto mengingatkan agar pejabat daerah terutama pengguna anggaran agar hati-hati. Pejabat pemegang kebijakan harus menghindari pos anggaran tidak perlu yang mengarah pada pemborosan.

Salah satu yang perlu dipangkas kata dia, yakni acara seremonial tanpa makna. Kemudian banyakanya rapat di hotel, dan perjalanan dinas yang kurang perlu.

“Maka dari itu kita potong. Di dinas pendidikan misalnya, banyak tahun lalu anggaran snack, banyak pertemuan, pertandingan yang tidak perlu, bahkan totalnya itu sampai Rp 12 miliar. Dana segitu untuk apa? Dan itu baru tahu loh gubernur,” ungap Sugianto Sabran.

Selain di Disdik, hal seruoa juga ada di Disperindag, kata Sugianto. Dimana banyak mata anggaran yang dibuat-buat.

Gendeng Dua LSM

Ada dua lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang sudah dipercayakan gubernur Sugianto untuk membantu memonitor. Yakni Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), dan Indonesia Corruption Watch (ICW).

Dalam waktu dekat, dia juga akan membangun sistem bersama Kejaksaan, Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Ini kan sekarang lagi ngerancang, supaya pemerintah betul-betul baik dan bersih,” papar Gubernur Kalteng.

Lebih dalam dia mengatakan, keseriusannya perang dengan korupsi telah disampaikan pada jajaran di pemerintahannya. Sugianto pun berharap, semua pejabat yang dalam pemerintahannya agar fokus saja dalam melayani masyarakat. [sog]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *