KapuasSlider

40 Peserta Ikuti Pelatihan Fardu Kifayah

Kuala Kapuas,GK – Sedikitnya 40 peserta yang tersebar di 10 kecamatan se Kabupaten Kapuas mengikuti Pelatihan Penyelenggaraan Fardu Kifayah yang digagas oleh PC Muslimat Nahdatul Ulama (NU) di Aula Kantor Kemenag Kapuas Jalan Tambun Bungai, Selasa (31/10) pagi.
Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Mahmubah kegiatan telah dilaksanakan selama dua hari (30-31 Oktober). Adapun materi yang diajarkan antara lain adab menjeguk orang sakit dan adab menghadapi sakaratul maut.
“Kami mengajarkan dan mempraktekan juga bagaimana tatacara memandikan jenazah/fardu kifayah dan pelatihan ta’jiah. Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat bagi semua,” ungkapnya.
Ketua PC Muslimat NU Kapuas Nurhayati menyampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian dari Pemerintah Daerah terutama dari Pelindung PC Muslimat NU Kapuas. “Atas nama pengurus saya mengucapkan terima kasih atas perhatiannya selama ini,” jelas Nurhayati.
Ditempat yang sama Penasehat sekaligus Pelindung PC Muslimat NU Kapuas Ary Egahni Ben Bahat menyambut baik kegiatan ini. Selain sebagai wahana meningkatkan ilmu pengetahuan dalam hal penyelenggaraan jenazah juga sebagai wahana silahturahmi.
Sebagaimana kita ketahui dalam rukun Islam hukum mengurus jenazah adalah fardu kifayah, itu artinya diantara umat Islam diwajibkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan bagaimana caranya memandikan, mengkafani, mensolatkan dan menguburkan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.
“Saya ingin ilmu yang didapat nantinya dapat ditularkan kepada orang lain terutama generasi muda agar peduli terhadap bidang penyelenggaraan jenazah. Untuk saya berpesan agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sunguh,” pinta Ketua TP PKK Kapuas ini.

Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua NU Nurani Sarji, Ketua Pengadilan Agama Hj Nurhayati, Pembina LPTQ KH Muchtar Ruslan, Kepala Kemenag H Ahmad Bahruni serta organisasi wanita yang di Kabupaten Kapuas. (Sogi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!