HEADLINEPalangka Raya

Relawan Demokrasi Dukung KPU Sukseskan Pilkada

RELAWAN DEMOKRASI : Para relawan demokrasi usai pengukuhan Minggu di kawasan Flamboyan Bawah Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA,GK-Komisi Pemilihan Umum Kota Palangka Raya mengukuhkan 25 orang Relawan Demokrasi.

Pengukuhan itu dilakukan bersamaan dengan ‘Deklarasi Kampanye Damai’ Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palangka Raya di kawasan Flamboyan Bawah Kota Palangka Raya, Minggu (18/2/2018).

Pengukuhan dilakukan langsung Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riadi disaksikan Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia dan Wakil Walikota, Mofit Saptono Subagio. Kapolres Palangka Raya, AKBP Timbul RK Siregar, jajaran Dandim 1016 Palangka Raya serta jajaram SOPD maupun Forkopinda lingkup pemerintah kota setempat.

Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riadi, mengatakan hadirnya relawan demokrasi dinilai sangat efektif dalam mendorong partisipasi pemilih pada pemilihan walikota dan wakil walikota Palangka Raya pada 27 Juni 2018 mendatang.

Mengacu dari hasil pemilihan Gubernur Kalteng yang lalu kata dia, tingkat partisipasi pemilih hanya mencapai kurang dari 70 persen. Sedangkan pada Pilkada 2018 ini tingkat partisipasi pemilih ditargetkan mampu mencapai 80 persen.

“Disinilah peran relawan demokrasi hadir turut membantu KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih,” ujarnya, usai pengukuhan dan kegiatan deklarasi damai tersebut.

Sementara sebelumnya Komisioner KPU Kota Palangka Raya, Harmain Ibrohim mengatakan, sebelum 25 orang relawan demokrasi ini terjun ke segmen masing-masing maka setiap relawan terpilih tersebut di bekali materi tentang kepemiluan dan publik speaking, kode etik, menjaga independen sebagai agen penyelenggara dan lain-lain.

Dari 25 orang relawan itu sudah dibagi-bagi untuk mewakili kelompok atau segemen dengan penyebarannya merata untuk bertugas di lima kecamatan Kota Palangka Raya.

Menurut Hermain, mereka ini dibagi kedalam kelompok atau segmen penyandang disabilitas, kelompok marjinal (pinggiran), pemilih pemula, dan perempuan. Setiap relawan akan dibekali Id card dan alat peraga sosialisasi seperti flyer, poster, dan contoh surat suara.

Relawan demokrasi dibentuk untuk membantu penyelenggara KPU dalam mendorong meningkatnya partisipasi pemilih pada Pilkada 2018,” bebernya. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!