Kalimantan Tengah

Rakor Perdagangan Dan Perindustrian,Bahas Isu Strategis Program 2018

PALANGKA RAYA, LENSA KALTENG –
Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Perindustrian dan Perdagangan Se- Kalimantan Tengah 2018, Senin (12/3/2018) di ballroom Aquarius Hotel.

Acara ini dihadiri Plt. Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran dan Kepala Dinas Perdagangan dan Peridustrian Provinsi Kalteng, H. Katma F Dirun, SE, MM.

Rakor ini juga mengundang narsumber dari Sesditjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Drs. Syailendra, M.M dan Kasubbag Program Ditjen IKM Kementerian Perindustrian RI, Edi Suhendra, S. Kom.

Adapun tema Rapat Koordinasi tersebut yakni Sinkronisasi Kebijakan Program Kegiatan Pemerintah Kabupaten/Kota Dibidang Perdagangan Perindustrian Se- Kalimantan Tengah menuju Kalteng Berkah.

Disela pembukaan rakor, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalteng, HM Katma F. Dirun, SE, MM menyampaikan bahwa setiap tahunnya agenda Rakor terasebut diselenggarakan setelah provinsi mengikuti rapat kerja perdagangan Se- Indonesia.

“Selain itu, untuk menyamakan persepsi dalam melaksanakan program dalam bidang perindustrian dan perdagangan di Kalimantan Tengah, maka semoga Rakor ini dapat melahirkan gagasan baru khususnya bagi kita semua dalam menuju Kalteng Berkah” ucap Katma.

Sementara itu, Plt Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalten, Sugianto Sabran menyampaikan dengan adanya Rakor tersebut pemerintah Provinsi Kalteng dan pemerintah Kabupaten/Kota dapat berperan serta dalam memajukan bidang Perindustrian dan Perdagangan khususnya di Kalteng.

Menurutnya, dalam kegiatan Rakor ini membahas isu-isu strategis dan program tahun 2018 di bidang Perdagangan dan Perindustrian antara lain ; Langkah Strategis Menjaga Ketersediaan dan Stabilitas Harga Bahan Pokok dan Bahan Penting.

Selain itu juga Revitalisasi Pasar Rakyat, Penguatan dan Singkronisasi Data Industri (IKM), Singkronisasi data ekspor impor, Penyampaian Rencana Pembangunan Industri Kabupaten/kota (RPIK), Pembangunan Sentra IKM di Kabupaten/Kota melalui dana DAK serta pengembangan perwilayahan industri, terangnya.

“Saya juga mengharapkan agar peserta dapat pro aktif dalam mengikuti Rakor ini sehingga dapat memunculkan ide dan gagasan yang dapat diaplikasikan dalam program bidang perdagangan dan perindustrian dan ” ucap Fahrizal.

Selain itu, kata dia, pihaknya mengharapkan peran pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk bersama-sama mendorong pembangunan di bidang perdagangan dan perindustrian di Kalteng melalui program kegiatan yang sejalan dengan program pemerintah pusat. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!