HEADLINEPalangka Raya

Di Kalteng Perlu Pelabuhan Pabean

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG,COM -Ada gagasan menarik disampaikan Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia, dimana ia mengharapkan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di Kalteng, perlu memikirkan pentingnya memiliki pelabuhan Pabean sebagai gerbang kegiatan perekonomian di Kalteng.
“Untuk menggeliatkan pembangunan ekonomi serta mengukur percapaian pertumbuhan ekonomi suatau daerah, maka salah satu faktor pendukunnya adalah suatu daerah harus memiliki pelabuhan Pabean,”ungkapnya, kemarin.
Selama ini lanjut Riban, upaya untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam yang telah diolah disetiap daerah selalu terbentur dengan pemasaran maupun pasokan. Kegiatan ekspor dan impor semestinya bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah daerah.
Memang apabila memngacu dari hasil data Bank Indonesia (BI) dan Badan Pusat Statistik (BPS), dimana pertumbuhan ekonomi Kalteng dan Palangka Raya diatas rata-rata nasional. Pun demikian hal tersebut perlu sokongan dalam menjaga regulasi ketahanan perekonomian.
“Semestinya kita bisa lebih meningkat dalam hal pertumbuhan ekonomi. Daerah ini banyak mempunyai potensi. Namun kendalanya bagaimana membangun perekonomian yang tersistem,”cetusnya lagi.
Riban mencontohkan, manakala Palangka Raya melalui pelaku industri ingin melakukan pemasaran (Ekspor) dari segala beragam macam potensi yang diolah, namun kerap terbentur dengan tidak adanya sarana dan fasilitas penunjang. Alhasil, hasilnya harus dipasarkan melalui daerah lain yang memiliki fasilitas dan sarana tersebut.
“Pemerintah Kota Palangka Raya ada memiliki pelabuhan Bukit Pinang di Kelurahan Tanjung Pinang. Nah, saat ini kita berupaya melobi ke pusat, namun kami sadari kemampuan untuk itu sangat terbatas terlebih APBD Kota Palangka Raya masih rendah,”tuturnya.VS

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!