Palangka Raya

BPBD Palangka Raya Minta Bantuan Peralatan Hadapi Karhutla

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya meminta bantuan peralatan pemadaman ke pemerintah pusat.

Peralatan tambahan ini diperlukan untuk mengoptimalakan langkah pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Cantik.

“BPBD sudah mengusulkan beberapa peralatan tambahan ke pusat. Mengingat peralatan kita sangat minim,”kata Kabid Penanggulangan Bencana pada BPBD Kota Palangka Raya, Henora Koffeno Nahan, Senin (27/8/2018).

Usulan tambahan dimaksud seperti mesin-mesin portable, sambungan selang dan 2 buah mobil tanki air khusus seperti yang dimiliki Dinas Pemadam Kebakaran.

Walalupun begitu, pihaknya lkata Koffeno, terus berusaha maksimal dalam mengantisipasi karhutla di Kota Cantik. BPBD bersama tim satgas serta pihak terkait lainnya terus melakukan pemantauan potensi bencana. Selain mendeteksi melalui satelit, mereka juga melakukan pemantauan secara langsung dengan mendatangi wilayah-wilayah yang dianggap rawan terjadi kebakaran.

“Namun selama beberapa hari ini berdasar data BMKG maupun pantauan langsung, untuk wilayah Kota Palangka Raya nihil ‘hot spot’. Hujan yang mengguyur Palangka Raya beberapa ini sangat membantu mencegah karhutla,” tambahnya.

Selain itu, menurut dia, keberadaan helikopter yang siaga di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya juga sangat membantu pemadaman. Terutama untuk pemadaman di lokasi yang tak terjangkau jalur darat ataupun lokasi yang tidak memiliki sumber air.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!