Kalimantan Tengah

Keuskupan Itu Independen dalam Menjalankan Aktivitas Keagamaan

PALANGKA RAYA, GERAKKALTENG. COM – Sekretaris Keuskupan Palangka Raya RP. I Ketut Adi Hardana, MSF menegaskan jika Keuskupan itu dalam menjalankan aktivitas keagamaannya bersifat independen.
Hal itu ditegaskannya pada kesempatan mendampingi kunjungan Dubes Vatican Indonesia Mgr. Piero Pioppo saat meresmikan pembukaan kapel di Keuskupan Palang Raraya Jln. Tjilik Riwut Km. 6 seusai peletakan batu pertama Chatolic Center, Minggu (21/10).
Usai upacara adat potong pantan di Keuskupan Palangka Raya, I Ketut Adi Hardana sebagai Sekretaris Keuskupan Palangkaraya mengatakan bahwa kedatangan Dubes Vatican Indonesia ini sekaligus akan meresmikan pembukaan kapel di Keuskupan Palangka Raya yang disertai memimpin Ibadah Perayaan Ekaristi sore pukul 16.00 WIB. Pada acara ini hadir pula 4 Uskup di wilayah Kalimantan lainnya yaitu Uskup dari Pontianak, Sintang, Banjarmasin, Samarinda serta Uskup Palangkar Raya sebagai tuan rumah.
Menurut I Ketut Adi, Kapel merupakan salah satu fasilitas sebagai rumah doa bagi umat Khatolik. Keuskupan dalam menjalankan aktivitas keagamaan bersifat independen. Selain dimulainya pembangunan Chatolic Center, beberapa fasilitas yang telah dibangun salah satu contohnya adalah RS Chatolic yang mayoritas mendapatkan bantuan dana dari para donatur juga dari pusat Vatican. Sedangkan bantuan dari pihak pemerintah daerah tidaklah seberapa jumlahnya. Program maupun fasilitas yang telah dijalankan khususnya lebih kepada pelayanan masyarakat secara umum.
Melalui beberapa fasilitas yang telah tersedia, Ketut Adi berharap semoga dapat memudahkan aktivitas umat Khatolik Palangka Raya khususnya. Sedangkan untuk fasilitas umum seperti poliklinik yang telah disediakan di beberapa daerah tingkat kabupaten serta rumah sakit Khatolik di Palangka Raya dapat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat umum selain umat Khatolik, harapnya. (FG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!