DPRD KatinganKatingan

Berdayakan Masyarakat Maksimalkan Pemanfaatan Lahan

“Kami berharap, pemerintah daerah melalui dinas terkait bisa memberdayakan dan mendukung masyarakat di dua desa ini. Sehingga, lahan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal,” imbuhnya, Senin (7/1/2019).

gerakkalteng.com – KASONGAN – Masih banyak lahan di Kabupaten Katingan yang belum dimafaatkan secara maksimal. Salah satunya di Desa Dehes dan Desa Rantau Bakiang, Kecamatan Sanaman Mantikei. Lahan sekitar 500 hektar lebih tersebut, sangat berpotensi untuk djadikan areal pertanian dan perkebunan.

Menurut anggota DPRD Katingan, Yanel SE, ratusan hektar lahan tersebut memang milik puluhan masyarakat kedua desa yang tergabung dalam kelompok tani di Kecamatan Sanaman Mantikei.

“Kami berharap, pemerintah daerah melalui dinas terkait bisa memberdayakan dan mendukung masyarakat di dua desa ini. Sehingga, lahan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal,” imbuhnya, Senin (7/1/2019).

Pasalnya jika lahan tersebut tidak dimanfaatkan secepatnya, Yanel khawatir nantinya malah dijadilan perkebunan kelapa sawit.

“Maksudnya, lantaran tak ada dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, masyarakat menjual lahan mereka kepada pengusaha perkebunan kelapa sawit,” kata Politisi Partai Gerakan Indonesia raya (Gerindra) ini.

Jika itu sampai terjadi, maka lahan akan berubah fungsi menjadi areal perkebunan. Terlebih, lokasinya berdekatan dengan lahan milik perusahaan kelapa sawit.

“Sebenarnya masyarakat di dua desa tersebut, ingin agar lahan mereka dijadikan lokasi program pertanian dan perkebunan yang berkelanjutan dari pemerintah daerah,” tutur anggota DPRD dari Daerah Pemilihan Katingan III ini.

Maksudnya, bukan sekedar dibuat lahan pertanian dan perkebunan saja. Tetapi bisa berlanjut, sampai pada pengelolaan lahan dan penanaman hingga panen.

“Sehingga, masyarakat setempat benar-benar merasakan manfaat dari lahan tersebut. Dengan tujuan akhirnya, dapat dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat,” ujar Yanel. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!