DPRD KatinganKatingan

Pendidikan Politik Penting Bagi Generasi Muda

“Selain itu, mengetahui dan menyadari akan hak maupun kewajiban segingga dapat okut serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam setiap proses pembangunan,” katanya.

gerakkalteng.com – KASONGAN – Sebagaimana diketahui bersama, 2019 merupakan tahun politik dengan adanya pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Untuk itu, pendidikan politik dinilai sangatlah penting dilaksanakan. Ini sebagai media penyampaian konsep, yang bertujuan untuk membuat generasi muda dan pemilih pemula menjadi lebih mengerti serta memahami politik.

Hal tersebut disampaikan Bupati Katingan Sakariyas SE dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati (Wabup) Sunardi N.T Litang saat membuka Pertemuan sekaligus Penyuluhan Peningkatan Peran Serta Generasi Muda Desa dan Hak Politik Dalam Ketahanan Masyarakat Tahun 2019, di Aula Bappelitban setempat, Kamis (7/2/2019).

Menurut Wabup, pendidikan politik juga dapat membuka wawasan pemilih khususnya generasi muda tentang berbagai isu pemilu. Seperti pemerintahan, peran media sosial dalam politik dan pemilu, proses maupun pelanggaran pemilu.

“Selain itu, mengetahui dan menyadari akan hak maupun kewajiban segingga dapat okut serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam setiap proses pembangunan,” katanya.

Dalam penyelenggaraan pemilu, lanjutnya, partisipasi pemilih sering menjadi isu bersama. Pasalnya, berkaitan dengan berapa banyak warga negara yang hadir untuk menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara.

“Generasi muda atau pemilih pemula diharapkan, bisa memahami dinamika yang terjadi dalam politik yang sedang berkembang,” imbuh Sunardi.

Pemahaman dan partisipasi memilih, tutur Wabup, menjadi salah satu kebutuhan agar keberlanjutan demokrasi dan sistem politik tidak mengalami hambatan.

“Oleh sebab itu, pengetahuan dan pendidikan politik sangatlah diperlukan, termasuk bagi pemuda desa. Sehingga, dapat memahami dan turut serta dalam menggunakan hak politiknya. Harapnya, kualitas pelaksanaan pemilu di Kabupaten Katingan dapat terlaksana lebih baik, aman dan kondusif,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wabup mengingatkan agar mempergunakan hak pilih dan menjadi pemilih cerdas, dengan melihat visi, misi dan program yang diusung para calon. Dia juga mengingatkan, agar menghindari provokasi serta jangan menjadi penyebar berita bohong atau hoax. Pasanya, dapat mengancam stabilitas dan kondusifitas keamanan daerah.

“Tolak dan lawan politik uang dan isu SARA yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan kita sebagai anak bangsa,” pesannya. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!