DPRD Pulang PisauPulang Pisau

Distan Pulpis Gelar Pasar Agro Tani

Kadistan Pulpis Slamet Untung Riyanto meninjau pasar agro tani ketika kaji banding ke Kabupaten Bantul.

PULANG PISAU, Gerakkalteng.com– Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau dalam waktu dekat akan menggelar Pasar Agro Tani. Selain untuk memperkenalkan dan membantu mempromosikan produk-produk hasil pertanian, Pasar Agro Tani, kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya para petani.

“Dari hasil Kaji Banding ke Kabupaten Bantul dan Kulon Progo, kita melihat keberhasilan Pasar Agro Tani yang telah berhasil memasarkan produk-produk pertanian mereka, baik itu hasil olahan maupun non olahan,” terang Kadis Pulang Pisau Slamet Untung Riyanto, minggu (14/4).

Dia mengatakan, dalam melakukan kaji banding ke Bantul dan Kulon Progo bersama Tim Pokja Percepatan Pembangunan Pariwisata ini, banyak pemahaman dan pelajaran yang ambil dari daerah tersebut.

Saat di Bantul dan Kulon Progo memiliki basis pertanian, tinggal bagaimana mengadopsi pola dan pengembangannya di Kabupaten Pulang Pisau, seperti keberadaan pasar agro tani wanita. Program inilah yang menurutnya akan coba diterapkan terapkan di Pulang Pisau.

“Pasar Agro Tani Wanita itu bisa kita dikembangkan di Kabupaten Pulang Pisau. Kuncinya, adalah bagaimana menyamakan persepsi kepada masyarakat terkait pembangunan pariwisata. Kalau masyarakat sudah paham dan bersatu, maka pemerintah tinggal mendorong,” kata Slamet.

Dia juga mengatakan, mayarakat dapat bersatu bersama-sama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) telah berhasil mewujudkan Desa Wisata melalui potensi alam desa.

seperti wisata alam kebun pinus yang disinergikan dengan wahana pendukung lainnya, baik home stay, kuliner dan lainnya, sehingga mampu memberdayakan masyarakat setempat.

“Pembangunan pariwisata itu akan berhasil, jika semua pemangku kepentingan dapat bersinergi dan berkolaborasi” ungkapnya. (an)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!