Gunung Mas

Ini Solusi Agar Air PDAM di Kuala Kurun Nyembur Setiap Saat

"Kami masih menerapkan sistem pendistribusian air secara bergilir karena faktor geografis di wilayah kita. Sehingga layanan air bersih kepada konsumen yang berada di dataran rendah dan yang berada di perbukitan tidak bisa dipenuhi dalam waktu bersamaan," ungkapnya, Selasa (2/4/2019).

FOTO : Direktur Utama PDAM Tirta Bahalap Gunung Mas, Guntur J. Ruben.

faktakalimantan.com – KUALA KURUN – Layanan yang diberikan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bahalap Gunung Mas sejauh ini belum sepenuhnya maksimal. Terutama ketersediaan air bersih kepada konsumen di Kota Kuala Kurun yang belum terlayani setiap waktu alias 24 jam.

Direktur Utama PDAM Tirta Bahalap Gunung Mas, Guntur J. Ruben menjelaskan, sejauh ini pihaknya terpaksa menerapkan pola buka tutup jalur air. Mengingat terbatasnya kapasitas mesin pendistribusian air dan beratnya medan berbukit.

“Kami masih menerapkan sistem pendistribusian air secara bergilir karena faktor geografis di wilayah kita. Sehingga layanan air bersih kepada konsumen yang berada di dataran rendah dan yang berada di perbukitan tidak bisa dipenuhi dalam waktu bersamaan,” ungkapnya, Selasa (2/4/2019).

Pihaknya telah menemukan solusi agar pendistribusian air di wilayah Kota Kuala Kurun ke depan bisa terlayani sepanjang waktu. Salah satunya dengan pengadaan booster dan membangun bak penampungan air dengan kapasitas yang cukup besar di kawasan Kantor Bupati Gunung Mas.

“Jadi nanti booster ini akan menyedot air dari instalasi pengolahan air PDAM yang ada di bawah menuju bak penampungan air yang ada di daerah perbukitan. Dari bak tersebut, nantinya air akan disalurkan secara terus menerus setiap waktu kepada pelanggan dengan memanfaatkan gaya gravitasi,” jelasnya.

Menurutnya, volume bak penampungan air tersebut tentunya dibangun sangat besar dengan memperhitungkan jumlah konsumen dan pemakaian air masyarakat. Sehingga jumlah kubikasi air yang masuk dan keluar atau tersalurkan kepada masyarakat seimbang.

“Tanahnya sudah disediakan oleh Pemda Gunung Mas, pembangunannya mungkin akan dilakukan secara bertahap. Inilah solusi yang bisa kami tawarkan kepada masyarakat khususnya pelanggan PDAM ke depan,” imbuhnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!