DPRD KatinganKatingan

Prioritaskan Peningkatan Jalan di Katingan Hulu

“Seperti  di Desa Khiam Batang, masyarakat meminta agar diprioritaskan anggaran pada 2019 untuk peningkatan jalan menuju ibukota Kecamatan Katingan Hulu. Pasalnya, badan jalan sebenarnya sudah ada terbangun,” katanya, Selasa (16/4/2019).

gerakkalteng.com – KASONGAN – Beberapa desa di Kecamatan Katingan Hulu menyuarakan berbagai usulan terkait pembangunan. Desa yang dimaksud antara lain Khiam Batang, Rangan Kawit, Kuluk Sapangi, Telok Tampang, Rantau Puka, Rantau Bahai, Rangan Ranjing, Penda Tanggaring dan Tumbang Hangei.

Anggota DPRD Katingan dari daerah pemilihan (Dapil) Katingan III, Sugianto SH, menuturkan jika aspirasi masyarakat tersebut kerap disapaikan pada pihaknya saat melakukan kunjungan reses serta menghadiri acara lainnya.

“Seperti  di Desa Khiam Batang, masyarakat meminta agar diprioritaskan anggaran pada 2019 untuk peningkatan jalan menuju ibukota Kecamatan Katingan Hulu. Pasalnya, badan jalan sebenarnya sudah ada terbangun,” katanya, Selasa (16/4/2019).

Menurutnya, pembangunan ruas jalan ini sebelumnya menggunakan dana desa (DD) tahun anggaran 2010-2013. Namun sampai saat ini, jalan tersebut masih belum bisa difungsikan. Warga juga meminta didirikan tower telekomunikasi dan jaringan listrik. Kemudian, usulan penambahan tenaga bidan dan guru SD.

Selanjutnya di Desa Rangan Kawit, masyarakat juga meminta agar segera didirikan tower telekomunikasi dan listrik dari PLN. Kemudian, penambahan tenaga pengajar karena banyak yang sudah pindah dan tidak ada penggantinya.

“Di Desa Rangan Kawit, juga perlu penambahan guru Bahasa Inggris, Matematika, Agama Hindu dan guru kelas SD dan SMP Satu Atap 2 Katingan Hulu,” tutur Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Kemudian di Desa Kuluk Sapangi, tutur Sugianto, diusulkan penambahan tenaga medis yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PN). Pasalnya yang ada saat ini, semuanya masih berstatus Tenaga Harian Lepas (THL).

“Warga juga meminta penambahan guru kelas dan bantuan bibit ternak sapi, babi serta ikan untuk kelompok tani di sana,” ujar Sugianto.

Sementara di Desa Telok Tampang, warga minta dibangun Puskesmas Pembantu. Pasalnya, bangunan yang lama telah terbakar dan sampai sekarang belum dibangun. Ada juga usulan bantuan ternak sapi, babai dan ikan untuk kelompok tani. Kemudian, pendirian tower telekomunikasi dan jaringan listrik PLN. Untuk Desa Rantau Puka, usulannya sama dengan Desa  Telok Tampang.

Selanjutnya Desa Rantau Bahai, masyarakat minta penambahan tenaga pengajar karena banyak yang sudah pindah dan tidak ada penggantinya dari tenaga kontrak. Kemudian, pembangunan rumah ibadah Balai Basarah Hindu.

“Untuk Rangan Ranjing, Penda Tanggaring dan Tumbang Hangei, diusulkan pembangunan pagar SD,” sebutnya. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!