Barito Timur

Lantik Pengurus TP PKK Barito Timur, Ini Disampaikan Pj Bupati Barito Timur

Foto : Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan mengukuhkan Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Barito Timur di aula rumah jabatan Bupati Barito Timur.

Pengukuhan Pj Ketua PKK itu dilakukan sekaligus dengan pelantikan pengurus TP PKK Kabupaten Barito Timur periode 2023-2024.

“Laksanakan tugas dan amanah yang telah diberikan dengan penuh semangat dan tanggung jawab,” kata Indra Gunawan, Jumat (16/2/2024).

Kata Indra Gunawan, kehadiran PKK ini bertujuan untuk memberdayakan keluarga, meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan terutama dengan dinamika perkembangan yang terjadi begitu dinamis dimasyarakat yang mengakibatkan pergeseran nilai-nilai sosial dan budaya.

Lanjut, tantangan lain yang dihadapi oleh PKK adalah perubahan perkembangan teknologi, urbanisasi, dan globalisasi telah membawa dampak signifikan pada keluarga kita.

“PKK dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran keluarga dalam mendidik, melindungi, dan mempromosikan kesejahteraan anggota keluarga,” jelas Bupati.

Kemudian, lanjut Bupati, isu stunting dan kemiskinan ekstrim yang terjadi pada beberapa wilayah di Indonesia juga menjadi salah satu isu yang tidak kalah penting untuk menjadi perhatian.

Penanganan stunting dan kemiskinan ekstrim akan lebih optimal jika dilakukan melalui pemberdayaan keluarga.

“Melihat dinamika yang terjadi, TP PKK perlu untuk selalu peka dan adaptif terhadap hal-hal tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan anggota-anggota pengurus yang mampu untuk memberikan sumbangsih ide dan gagasan sehingga dapat memunculkan program yang dapat meningkatkan pemberdayaan keluarga terutama dalam penanganan stunting dan pengentasan kemiskinan ekstrim,” katanya.

Dirinya berharap, melalui pengukuhan ini, TP PKK dapat menjadi salah satu inisiator peningkatan pemberian pelayanan kepada masyarakat melalui komitmen maupun inovasi-inovasi gagasan yang mampu memicu daya ungkit dengan bersinergi dengan organisasi yang ada, baik itu organisasi lintas sektoral, dan pihak lainnya terutama dalam penanganan kemiskinan ekstrim yang menjadi perhatian bersama di Kabupaten Barito Timur.

“Dan dalam hal ini, TP PKK memiliki 4 kelompok kerja atau pokja yang dapat menjangkau masyarakat dengan lebih fleksibel,” demikian. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!