Gunung Mas

Pemkab Gumas Lepas Peserta FBIM 2023

KUALA KURUN – Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing lmeepas kontingen Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) asal Gunung Mas tahun 2023. Pelepasan tersebut dilakanakan di halaman kantor Bupati, Jumat (19/5/2023).

“Harapan kita pertama rombongan kita bisa tiba di Kota Palangka Raya dengan sehat dan mampu mengikuti cabang lomba yang sudah persiapkan,” ujar Efrensia usai kegiatan.

Dia berharap, kontingen Kabupaten Gunung Mas minimal mendapatkan 8 emas dari 13 cabang lomba yang diikuti.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Gunung Mas Hansli Gonak mengatakan bahwa pihaknya tidak mentargetkan cabang lomba tertentu untuk mendapatkan emas, namun ada beberapa cabang perlombaan yang pihaknya optimis akan menjadi juara.

“Lomba jukung tradisional atau lomba dayung kami optimis, baik putra maupun putri, kemudian lomba karungut, manyipet dan beberapa lomba lain kami optimis,” jelas Hansli Gonak.

Dia berharap, kontingen Kabupaten Gunung Mas bisa membawa sebagian emas dari 13 cabang lomba yang diikuti dalam Festival Budaya Isen Mulang tahun 2023.

Kontingen Kabupaten Gunung Mas mengikuti 13 perlombaan di FBIM tahun 2023, di antaranya lomba karnaval budaya, manyipet, tari daerah, karungut, jukung tradisional, lomba besei kambe, habayang, balogo, lawang sakepeng, mangaruhi, mangenta, pakasak lamang dan lomba pemilihan jagau dan bawi nyai Kalimantan Tengah.

Kemudian, untuk jumlah peserta kontingen yang mengikuti Festival Budaya Isen Mulang tahun 2023 yakni sebanyak 97 orang yang terdiri peserta lomba, panitia inti, koordinator seksi, pendamping lomba, dan pelatih. (rik/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!