DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Dana Kelurahan di Palangka Raya Sudah Cair

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Dana kelurahan yang selama ini ditunggu-tunggu untuk mendukung pemerataan pembangunan , ternyata sudah digelontorkan.

Plt Kepala Badan Pengelolan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palangka Raya, Absiah membenarkan dana kelurahan, khususnya untuk tahap pertama telah dicairkan seusai hari raya Idulfitri yang lalu.

“Tenggat waktu penyerahan berkas dilakukan Bulan Mei, sehingga pencairan tahap pertama bisa dilakukan tepat setelah lebaran,” ungkap Absiah, Selasa (18/6/2019).

Absiah menjelaskan, besaran dana untuk 30 kelurahan yang ada di Kota Palangka Raya, dipukul rata dengan jumlah yang sama, yaitu Rp 384 juta/kelurahan. Sehingga total keseluruhan dana kelurahan bagi kelurahan-kelurahan di Palangka Raya sebesar Rp 11,520 miliar.

“Tahap pertama telah dicairkan Rp 5,76 miliar atau 50 persennya. Sisanya pada tahap kedua,”terangnya.

Intinya sambung Absiah, dana kelurahan ini secara khusus digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum terakomodir oleh pemerintah daerah. Semisalkan dana kelurahan untuk infrastruktur, pendidikan, kesehatan serta lainnya yang sejalan dengan visi misi kepala daerah.

“Terpenting tidak tumpang tindih dengan program OPD yang telah ada,”bebernya.

Ditambahkan Absiah, dana kelurahan sama halnya dengan dana desa, yakni dikucurkan dalam dua tahap, dimana tahap pertama diserahkan sebanyak 50 persen dan sisanya pada tahap kedua nanti.

Untuk pencairan tahap kedua beber dia, akan dilakukan paling lambat pada bulan Agustus mendatang. Namun tergantung seberapa cepat pihak kelurahan bisa menyelesaikan berkas surat pertanggungjawaban (SPJ) untuk tahap pertama.

“Jika sudah selesai, maka pencairan tahap kedua baru bisa dilakukan. Secepatnya bulan Agustus nanti,”tutupnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!