Barito TimurDPRD Barito Timur

Cegah dan Deteksi  Dini Berbagai Pontensi Gangguan dan Ancaman

"Dalam rangka memberikan peringatan dini untuk mengantisipasi berbagai potensi bentuk ancaman ,tantangan hambatan ,dan gangguan," katanya kepada awak media.

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyaakat. Kepala Kesbangpol Bartim Drs Argianto menggelar rapat bersama Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Timur Drs Argianto mengatakan tujuan rapat bersama FKPDM untuk kewaspadaan dini, meliputi pendeteksian, pengindentifikasian ,menilai , menganalisa,menafsirkan, dan menyajikan informasi.

“Dalam rangka memberikan peringatan dini untuk mengantisipasi berbagai potensi bentuk ancaman ,tantangan hambatan ,dan gangguan,” katanya kepada awak media.

Dijelaskannya berdasarkan laporan anggota FKDM, di daerah tidak ada hambatan atau gangguan yang berarti, dan Barito Timur dalam kondisi kondusif.

“Dari laporan FKDM, baik terkaitnya pelaksanaan Pemelihan Umum Legislatif (Pileg) maupun Pemeilhan Presiden (Pilpres) yang dilaksanakan beberapa bulan yang lalu semuanya berjalan aman dan lancar,” timpalnya.

Argianto menambahkan selainnitu pihaknya juga membahas terkait rencana pemindahan ibu kota Negara, yang berdampak terhadap bertambahnya jumlah penduduk, agar tidak menimbulkan permasalahan.

Selain itu ungkapnya juga dibahas adanya informasi dari  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barito Timur, terkait adanya pungutan liar (Pungli) yang dilakukan pihak luar (bukan pegawai Disdukcapil-red) yang harus di analisa kebenarannya, Lantaran dari laporan pihak Dusdukcapil pungutan itu bukan dari pihaknya melainkan ada warga masyarakat yang menggunakan jasa oknum dalam pengurusan data kependudukan baik akte kelahiran dan Kartu Keluarga (KK).

“Dari keterangan pihak Disdukcapil, tidak mengetahui sejauhmana keterlibatan oknum tertentu dalam melakukan pungli terkait kepengurusan untuk membuat akte ,KK dan lainnya. Sebab Disdukcapil hanya menerima dan memproses semua berkasasuk dan lengkap sesuai dengan prosedur,” bebernya.

Menurut Argianto semua hasil rapat FKDM  akan disampaikan ke Bupati Barito Timur. Harapannya melalui

FKDM ini mampu memberikan informasi untuk mengantisipasi berbagai potensi bentuk ancaman ,tantangan hambatan ,dan gangguan.

“Sehingga menjadi kewaspadaan dini bagi masyarakat terhadap berbagai potensi gangguan dan ancaman,” tandasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *