DPRD KatinganKatingan

Maksimalkan Pemberdayaan Lahan Secara Terpadu

“Tujuannya untuk semakin memantapkan ketahanan pangan di Bumi Penyang Hinje Simpei ini,” ucap anggota DPRD Katinganb, Yanel SE.

KASONGAN – Pihak DPRD mendorong pemerintah daerah, terus berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyat. Salah satu caranya, dengan memaksimalkan pemberdayaan masyarakat dan lahan secar terpadu serta berkelanjutan. “Tujuannya untuk semakin memantapkan ketahanan pangan di Bumi Penyang Hinje Simpei ini,” ucap anggota DPRD Katinganb, Yanel SE.

Dia juga mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, untuk terus menggenjot peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pasalnya menurut Politisi Partai Gerindra ini, PAD sebagai salah satu barometer keberhasilan pembangunan disuatu daerah.

 “Menurut kami, salah satu cara menggenjot peningkatan PAD tersebut dengan terus menggali potensi-potensi yang ada di daerah kita ini. Selain itu, memaksimalkan pengelolaanya. Terutama dari sektor industri lanjutan atau industri hilir di bidang kehutanan serta perkebunan,” imbuhnya.

Mutu pendidikan, juga menjdi salah satu hal yang perlu ditingkatkan. Caranya, dengan memaksimalkan dukungan dan penganggaran untuk sekolah model serta sekolah rujukan. “Berkaitan dengan itu, telah dilakukan ekspose agar bisa memenuhi delapan standar pendidikan nasional,” ujarnya.

Yanel menyarankan, agar pemerintah daerah terus memperjuangkan tersedianya kebutuhan pelayanan dasar bagi masyarakat. Khususnya listrik atau energi, telekomunikasi dan air bersih yang terpadu untuk seluruh kecamatan.

“Di bidang kelistrikan atau energi, harus dapat memenuhi kebutuhan para investor yang berminat menanamkan modal di Katingan. Salah satu parameter daya tarik investasi adalah harus tersedianya sumber daya energi,” ucap anggota dewan dari Dapil Katingan 3 yang meliputi Kecamatan Katingan Tengah Hingga Bukti Raya ini.

Pihak dewan juga menyatakan, mendukung penuh terhadap Visi dan Misi Bupati Katiingan masa jabatan 2018-2023, yakni Katingan Bermartabat untuk mewujudkan masyarakat yang sejahteran. “Salah satunya, melalui program dan kegiatan di seluruh organisasi perangkat daerah yang mampu menyetuh seluruh lapisan masyarakat,” tambahnya. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!