DPRD KatinganKatingan

Masyarakat Diimbau Kibarkan Bendera Merah Putih

“Pada Buan Agustus ini, mari kita serentak mengibar bendera Merah Putih di setiap rumah penduduk,” tuturnya  kepada sejumlah wartawan, usai menghadiri pelaksanaan pelantikan pejabat eselon II, III dan IV di Gedung Salawah Kasongan.

 

KASONGAN – Tepat pada 17 Agustus 2019, diperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74. Terkait itu, seluruh masyarakat di Bumi Penyang Hinje Simpei diimbau untuk menyambut dan memeriahkan lewat berbagai kegiatan di lingkungannya masing-masing. Salah satunya, dengan mengibarkan bendera merah putih.

Wakil Bupati (Wabup) Katingan Sunardi N.T Litang menghimbau agar masyarakat Kabupaten Katingan turut dan berperan serta dalam memeriahkan hari kemerdekaan RI ke-74. “Pada Buan Agustus ini, mari kita serentak mengibar bendera Merah Putih di setiap rumah penduduk,” tuturnya  kepada sejumlah wartawan, usai menghadiri pelaksanaan pelantikan pejabat eselon II, III dan IV di Gedung Salawah Kasongan.

Diungkapkannya, kewajiban pemasangan bendera Merah Putih ini merujuk ketentuan Pasal 7 Undang-undangan RI Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. “Kami juga mengimbau seluruh dinas, instansi, badan, kantor kecamatan, kelurahan hingga desa, ruko maupun kios-kios untuk mengibarkan bendera merah putih,” ucapnya.

Selain itu, lanut Wabup, masyarakat hendaknya melakukan kegiatan kebersihan lingkungan. Salah satunya seperti pengecetan, pemasangan lampu hias umbul-umbul dan lain-lainnya. “Untuk dinas, intansi dan kantor pemerintahan kelihatannya sudah mulai memasang bendera merah putih dan umbul-umbul. Tapi untuk masyarakat, masih ada beberapa yang belum. Sementara kegiatan kepersihan lingkungan dan pemasangan gapura, saya lihat sudah mulai banyak,” katanya.

Menurut Sunardi, ini merupakan bentuk penghargaan terhadap para pahlawan yang telah gugur untuk merebut Kemerdekaan RR saat melawan para penjajah. “Mari kita bersama-sama meriahkan hari kemerdekaan ini lewat berbagai kegiatan, sebagai bentuk kebahagian dan penghargaan kepada para pahlawan. Tema HUT RI ke 74 tahun 2019 ini yaitu Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju,” sebutnya. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *