DPRD KatinganKatingan

Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Manasik Haji

Lomba manasik haji yang rutin dilaksankan setiap tahun ini, bertujuan untuk memberi pengetahun tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji.

Kasongan – Ratusan peserta yang terdiri dari para pelajar mulai dari tingkat Tk, SD, SMP, SMA/SMK mengikuti lomba manasik haji, kamis (8/8/2019) di halaman LPTQ kabupaten katingan.

Lomba manasik haji yang rutin dilaksankan setiap tahun ini, bertujuan untuk memberi pengetahun tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji.

Asisten II setda katingan Ahmad Rubama, saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan manasik haji menyampaikan, bahwa sejak dini pengetahuan mengenai tahapan dalam menunaikan ibadah haji harus diajarkan kepada para pelajar.

“Ibadah haji merupakan rukun ke-5 islam dan menjadi salah satu ibadah yang diwajibkan sekali seumur hidup bagi setiap muslim yang mampu memenuhi persyaratan,”Ucap Rubama.

“Seperti yang kita ketahui bahwa kegiatan manasik haji ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kepada para pelajar mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji,”ujarnya.

Selain itu, Rubama juga menuturkan bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang mempunyai karakteristik khusus dalam kemampuan pelaksanaannya, kerena perlu memperhatikan, syarat, rukun, wajib, serta yang disunahkan, sehingga dalam pelaksanaan ibadah haji mendapatkan predikat haji yang mabrur.

“Melalui manasik haji ini, para pelajar akan memperoleh pembekalan tentang tata laksana haji,”Pungkasnya.

Selain itu, Rubama mengharapkan kepada para peserta lomba manasik haji agar dapat mendengar secara seksama  dan menyimak penjelasan hingga selesai sesuai dengan materi yang disampaikan.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!