Barito TimurDPRD Barito Timur

Seluruh Kepala Desa Musti Koordinatif Cegah Karhutla

"Camat diharapkan berkoordinasi dan berkomunikasi secara intensif dengan kepala desa dan instansi terkait untuk pencegahan," kata bupati. 

Tamiang Layang  – Bupati Barito Timur Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas menginstruksikan kepada  seluruh camat diwilayah kabupaten setempat agar proaktif berkomunikasi dengan semua kepala desa diwilayah tugasnya masing-masing untuk memantau dan mencegah kebakaran hutan dan lahan.

“Camat diharapkan berkoordinasi dan berkomunikasi secara intensif dengan kepala desa dan instansi terkait untuk pencegahan,” kata bupati.

Orang nomor satu dikabupaten Bartim ini juga jangan sampai muncul titik panas yang disebabkan kebakaran  baru dipadamkan. Langkah pencegahan paling penting dilakukan sebelum muncul kebakaran hutan dan lahan, sudah ada upaya peran aktif untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Peran kepala desa juga sangat penting untuk menyampaikan kepada  warganya yang memiliki lahan supaya tidak membakar lahan secara sembarangan, terutama pada musim kemarausaat ini,” pintanya.

Selain itu bupati juga menyampaikan bahwa kebakaran hutan dan lahan memiliki dampak negatif terhadap kesehatan dan kerusakan lingkungan. Salah satunya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA.

“Saya berharap peran Satgas penanganan kebakaran hutan dan lahan di tingkat kecamatan yakni camat, danramil dan kapolsek, dengan melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas, kepala desa, tokoh masyarakat, pemuda dan relawan bisa mencegah dan meminimalisir Karhutla dikabupaten Bartim,” tandasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!