Barito TimurDPRD Barito Timur

Vaksin Rabies, Targetkan Delapan Ribu

"Target tahun ini sebanyak 8000 hewan anjing menerima vaksin" kata Riza Rahmadi, didiwawancarai awak media.

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Barito Timur (Bartim) menargetkan sebanyak delapan ribu ekor anjing peliharaan warga masyarakat setempat mendapatkan vaksin rabies.

Kepala dinas pertanian dan peternakan kabupaten Bartim Ir Riza Rahmadi mengatakan untuk mencapai target program vaksin rabies tahun ini. Maka tim vaksinasi dibagi menjadi dua tim, tim pertama melakukan vaksinasi dan tim kedua menyisir ulang wilayah yang sudah dilakukan vaksin untuk memastikan tidak ada hewan yang terlewati atau tidak mendapatkan vaksin.

“Target tahun ini sebanyak 8000 hewan anjing menerima vaksin” kata Riza Rahmadi, didiwawancarai awak media.

Riza menjelaskan populasi hewan anjing diwilayah kabupaten Bartim memang cukup besar. Olrh sebab itu dua Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskeswan yang ada di Tamiang Layang dan Ampah juga melayani vaksin rabies, bagi para warga masyarakat yang ingin membawa hewan peliharaannya langsung untuk minta disuntik vaksin rabies.

“Bagi masyarakat yang ingin meminta hewan peliharaanya untuk divaksin rabies, bisa menghubungi petugas yang ada di puskeswan,” ujarnya.

Menurut Riza dua UPTD Puskeswan Tamiang Layang memiliki wilayah kerja Kecamatan Dusun Timur, Benua Lima, Patangkep Tutui, Awang dan Paju Epat. Sedangkan Puskeswan Ampah wilayah kerjanya yaitu Kecamatan Dusun Tengah, Raren Batuah, Pematang Karau, Paku dan Karunsen Janang.

“Kita berharap tahun bisa bebas rabies (zero rabies),” tandasnya.

Sementara itu petugas vaksinator rabies dinas pertanian bidang peternakan, Wayan N Satriawan mengungkapkan bahwa kegiatan vaksin tersebut sudah berjalan beberapa hari dan ditargetkan dibulan Oktober bisa selesai.

“Kami targetkan oktober bisa selesai program vaksin tahun ini,” ungkapnya.

Wayan juga tidak bisa memastikan jumlah hewan yang bisa disuntik rabies setiap hari, sebab tergantung pada tingkat kepadatan penduduk dan luas wilayah tempat melakukan vaksin.

“Masyarakat  juga dapat mendatangi langsung UPTD Puskeswan Tamiang Layang atau Ampah dengan membawa hewan kesayangannya untuk divaksin rabies,” tandasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *