DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Beasiswa Mahasiswa Bakal Dinaikkan

"Tahun 2019 dan 2020 ini beban APBD belum bisa untuk menyisihkan buat beasiswa tersebut. Apalagi 2020, kita (Kotim) akan melaksanakan pilkada gubernur Kalteng dan bupati Kotim serta menyelesaikan pelaksanaan multiyears yang sangat menyedot anggaran," jelasnya, Jumat (25/10/2019).

gerakkalteng.com – SAMPIT – Mahasiswa asal Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) patut berbangga. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) berencana menaikan beasiswa dari Rp1,5 juta menjadi Rp5 juta. Sekda Kotim Halikinnor mengatakan kenaikan ini jika tidak ada halangan akan dimulai pada Tahun 2021.

“Tahun 2019 dan 2020 ini beban APBD belum bisa untuk menyisihkan buat beasiswa tersebut. Apalagi 2020, kita (Kotim) akan melaksanakan pilkada gubernur Kalteng dan bupati Kotim serta menyelesaikan pelaksanaan multiyears yang sangat menyedot anggaran,” jelasnya, Jumat (25/10/2019).

Beasiswa ini akan diberikan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang akan kuliah. Syaratnya tentu bagi yang tidak mampu dan berprestasi.

“Kami menginginkan pelajar yang sudah lulus dan akan menjadi mahasiswa bisa sama untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Ini tentu sangat membantu perekonomian keluarga khususnya kalangan ekonomi menengah ke bawah,” paparnya.

Saat ini beasiswa di Bumi Habaring Hurung ini sudah ada. Misalnya, beasiswa Gerbang Mentaya, peruntukannya pun sudah jelas. Mahasiswa kurang mamou, berprestasi dan yang sedang mengerjakan skripsi. Anggaran sekitar Rp1,5 juta. “Dengan adanya beasiswa ini diharapkan bisa dipergunakan sebaik mungkin dimanfaatkan oleh mahasiswa,”pintanya.

Jika dilihat dari jumlah, kisaran beasiswa ini sangat kecil dibandingkan dengan keperluan mahasiswa saat ini.

“Atas dasar inilah, kami tentu akan memikirkan bagaimana jumlah tersebut bisa naik, dam kemungkinan pada 2021 mendatang,”ujar sekda.

Ia berharap pelajar yang ada di Kotim bisa giat belajar lagi. “Siapa tau kalian bisa mendapatkan beasiswa tersebut,”terangnya. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!