DPRD Gunung MasGunung MasHEADLINE

Berharap Masyarakat Lengkapi Perizinan Usaha Sarang Burung Walet

"Saya imbau agar masyarakat mengurus dan melengkapi dulu perizinan yang dibutuhkan," imbaunya, Senin (14/10/2019). 

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Gunung Mas, Hansli Gonak mengatakan bahwa masyarakat di wilayahnya saat ini sedang gencar-gencarnya membangun usaha budidaya sarang burung walet.

“Saya imbau agar masyarakat mengurus dan melengkapi dulu perizinan yang dibutuhkan,” imbaunya, Senin (14/10/2019).

Menurutnya, jenis usaha ini terpantau cukup menjamur di kawasan Kota Kuala Kurun bahkan kecamatan lain yang dikenal sebagai pusat perekonomian.

“Pengurusan perizin itu dilakukan mulai tingkat bawah, seperti sudah mendapat izin dari RT/RW, lingkungan tetangga hingga kepala desa atau lurah lokasi bangunan sarang walet itu berdiri,” katanya.

Proses selanjutnya, yaitu mendapatkan surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh pihak kecamatan. Disini, pemohon bakal diarahkan untuk segera mengurusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di dinas perizinan setempat.

“Saya berharap proses di tingkat bawah itu harus melalui proses yang semestinya. Jangan sampai terjadi masalah, seperti memalsukan izin dari warga di sekeliling bangunan sarang walet,” pintanya.

Pasalnya, suara kicauan burung yang dihasilkan melalui pengeras suara ditakutkan mengganggu kenyamanan warga sekitar. Sebab itu, pemohon wajib mendapat persetujuan langsung dari para tetangga, sebelum memutuskan mendirikan bangunan.

“Kita tidak mempunyai kewenangan untuk mengatur secara teknis terhadap bangunan sarang walet, baik dari sisi kenyamanan, kesehatan maupun keamanan,” pungkasnya. (agg/hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *