DPRD Kota Palangka RayaHEADLINEPalangka Raya

Damkar Perlu Tambah Sarpras dan SDM

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Upaya mencegah maupun mengatasi musibah Kebakaran di Kota Palangka Raya, tidak lepas dari peran penting Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP).

Belum lagi peristiwa ataupun kejadian bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat musim kemarau, maka akan menambah seabrek tugas dan fungsi dari Dinas Damkar untuk selalu siap 24 jam.

Meskipun peran damkar dalam menjalankan fungsi dan tugasnya dilakukan secara maksimal, akan tetapi disisi lain upaya tersebut masih belum mampu berjalan sesuai harapan, mengingat sarana dan prasana (sarpras) serta SDM damkar yang masih berkekurangan.

“Harus kita akui untuk sarana dan prasanara termasuk juga SDM, seperti tenaga pegawai tidak tetap (PTT), maka Dinas Damkar Kota Palangka Raya masih berkekurangan. Ini yang perlu mendapat perhatian bersama,”ungkap Plt Kepala Damkar dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Gloriana Aden.

Berbicara pada saat kegiatan kunjungan kerja anggota legislatif dari Komisi C DPRD Palangka Raya, Senin (7/10/2019), di Kantor Dinas Damkar dan Penyelematan Kota Palangka Raya , Gloria menjelaskan, bahwa sarpras maupun SDM Dinas Damkar tersebut tentu menjadi dua hal penting.

Sebut saja kata dia untuk sarana dan prasarana seperti mobil damkar, sudah pasti damkar masih memerlukan penambahan.

“Sedangkan untuk SDM, tentu damkar memerlukan kualitas pegawai yang mampu bekerja dalam berbagai fungsi penting untuk menjalankan operasional damkar,”ujarnya.

Untuk SDM itu sendiri lanjut Gloria, dirinya pernah membicarakan hal tersebut dengan walikota Palangka Raya, namun itu semua harus memerlukan berbagai pertimbangan.

“Ya, kita menyadari ini semua tidak lepas dari anggaran. Sebut saja bagaimana sistem gaji yang diberikan saat ketika damkar meregrut SDM tersebut,”ujarnya.

Sementara itu Hassan Busyairi Wakil Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya mengungkapkan, pihaknya akan mendukung apa yang menjadi saran dan masukan serta hal-hal yang selama ini menjadi kendala dalam upaya penguatan damkar saat menjalankan tugas dan fungsinya.

“Tadi ada banyak hal yang kita diskusikan dengan pihak damkar. Tentu kami akan menindaklanjuti. Ini penting mengingat damkar memiliki peran strategis dalam hal penanggulangan kebencanaan,”ucap Hasan disela-sela kegiatan kunker tersebut.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!