DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Keberadaan BUMD Diharapkan Bermanfaat untuk Petani

"Seperti kita ketahui cukup banyak petani sawit di daerah ini. Sektor usaha ini yang harus dilirik oleh BUMD," tegas Syahbana, kemarin (21/10/2019).

gerakkalteng.com – SAMPIT – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Syahbana berhatap keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bisa bermanfaat bagi para petani di daerah ini.

Artinya, lanjut Politisi Partai NasDem ini, BUMD bisa menampung tandan buah segar kepala sawit dari petani. Jika itu dilakukan, tingkat kemakmuran petani di Kotim akan terus meningkat.

“Seperti kita ketahui cukup banyak petani sawit di daerah ini. Sektor usaha ini yang harus dilirik oleh BUMD,” tegas Syahbana, kemarin (21/10/2019).

Menurutnya, daripada BUMD menarik usaha parkir yang sudah berjalan baik, lebih baik menampung sawit petani, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh petani.

Dia mengatakan, dengan dibentuknya BUMD yang bergerak untuk urusan jual beli buah kelapa sawit maka hasil dari petani akan tertampung. Selama ini keluhan petani menjual hasil kelapa sawit itu kepada perusahaan dengan harga yang tidak pernah stabil.

Karena tidak ada pilihan masyarakat terpaksa menjual hasil perkebunan mereka itu, meski hasil yang didapat jauh dari harapan.

“Karena memperbaiki harga sawit petani itu sangat tidak mungkin, jika pemerintah melakukan intervensi harga kepada pabrik perusahaan penerima,” pungkas Syahban. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!