HeadlineKalimantan TengahPalangka Raya

MantapTiga Event Kalteng Masuk CoE 2020 Kemenpar

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan mengungkapkan, ada tiga agenda event yang bernilai seni budaya dan kepariwisataan Kalteng yang berhasil bisa masuk ke dalam Calender Of Event (CoE) 2020 Kementerian Pariwisata.

“Jauh sebelumnya kita sudah paparkan pengajuan lima agenda event langsung di kantor Kemenpar, dan hasil; yang baru kita terima ada tiga event yang berhasil masuk CoE 2020 Kemenpar.,”ungkap Guntur, saat konfrensi pers,Jumat (18/10/2019).

Adapun kelima usulan event Kalteng yang diusulkan tersebut lanjut Guntur, yakni Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), Festival Babukung, Festival Tanjung Puting , Etnik Sampit dan Festival Maneser Panatau Tatu Hiang.

“Dari lima yang diusulakn tersebut, maka tiga event dinyatakan berhasil masuk kegiatan top 100 CoE Nasional 2020 dari Kementerian Pariwisata, yakni FBIM, Festival Babukung di Lamandau dan Festival Tanjung Puting di Kotawaringin Barat,”bebernya.

Sedangkan di tahun sebelumnya jelas Guntur, yakni di 2018 hanya satu festival yang masuk CoE Kemenpar, yakni yaitu FBIM sementara untuk 2019 ada dua, FBIM dan Festival Babukung.

“Dua event yang berhasil masuk CoE 2019.Seperti FBIM dan Babukung keduanya sudah kita gelar,”terangnya lagi.

Dengan keberhasilan tiga event ini masuk CoE ini lanjut Guntur, maka upaya penguatan untuk mendongkrak jumlah wisatawan ke Kalteng akan lebih maksimal dilakukan.

Terlebih sepanjang pelaksanaan event yang sarat seni budaya dan kearifan lokal di Kalteng, maka tingkat kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

“Kalteng itu sendiri memiliki sejumlah destinasi wisata unggulan. Seperti TN Tanjung Puting di Kobar dan TN Sebangau serta Kereng Bangkirai di Palangka Raya, pastinya akan melengkapi setiap rangkaian event,”tutupnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *