DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Tingkatkan Daya Saing Ijin UMKM Perlu Di Permudah

Anggota Komisi II DPRD Kotim Syahbana SP, Senin (28/10) tadi pagi.

SAMPIT, Gerakkalteng.com- Demi meningkatkan daya saing serta minat masyarakat Kotawaringin Timur dalam membuka peluang usaha khususnya di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dinilai perlu adanya perhatian serius dari pemerintah daerah itu sendiri.

Seperti yang disampaikan oleh anggota Komisi II DPRD Kotim Syahbana SP, Senin (28/10) tadi pagi.

Menurutnya peluang usaha untuk masyarakat lokal di Kotim masih sangat terbuka lebar dan banyak pilihan alternatif baik di bidang pertanian, maupun perikanan dan bahkan seni dan juga kerajinan tangan.

“Tinggal bagaimana caranya mempermudah mereka mengantongi ijin saja, dan kapan perlu berikan mereka perhatian khusus, hal inikan sudah santer di ungkapkan oleh pemerintah daerah kita khususnya berkaitan dengan pemberdayaan UMKM di Kotim ini,” Pungkasnya.

Legislator Partai Nasdem ini juga menjelaskan sejauh ini UMKM di Kotim masih sangat sulit berkembang karena beberapa faktor antara lain SDM dan bidang usaha lokalan yang tidak mendapat support dari pemerintah daerah.

“Sulit berkembang karena dukungan masih terlihat kurang, artinya pemberdayaan ung seharusnya dilakukan bukan hanya menunggu, mestinya lakukan jemput bola, kita tidak mau ada nantinya karya lokalan di klaim oleh pihak swasta dan daerah tidak mendapatkan feedback dari hal ini,” Tukasnya.

Untuk itu dia menyarankan agar instansi terkait termasuk pihak Dinas Pariwisata juga penting dalam melakukan pembinaan dan juga pemberdayaan terkait hal meningkatkan minat UMKM yang bersentuhan dengan kesenian lokal dan sebagainya.

“Ini tanggung jawab kita semua, setidaknya dengan terlaksananya produk UMKM dan meningkatnya minat masyarakat akan berdampak bagi kelangsungan ekonomi di Kotim kedepan,” Tutupnya.(So)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!