DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Penjual Jagung Menjamur Jelang Pergantian Tahun

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, yakni setiap menyongsong pergantian tahun maka Kota Palangka Raya selalu dihiasi dengan kehadiran para penjual jagung musiman.

Para penjual jagung ini ramai terlihat diantaranya di kawasan Jalan Yos Sudarso, Diponegoro, RTA Milono, Tjilik Riwut dan Jalan G.Obos, bahkan kawasan jalan lintas Kalimantan serta titik-titik jalan lainnya di Palangka Raya.

Ramainya penjual jagung ini tentu bukanlah tanpa alasan, mengingat kebutuhan akan jagung sangat spesial atau memiliki nilai tersendiri serta menjadi menu favorit bagi warga untuk menggelar acara bakar bakaran atau barbeque saat menyambut malam pergantian tahun bersama kerabat atau teman-teman.

Sumi salah satu penjual jagung di kawasan jalan lintas Kalimantan mengaku, jagung yang ia jual merupakan hasil panen dari kebun jagung miliknya yang ada di Kelurahan Kalampangan.

“Untuk seikat jagung muda (isi 10 jagung), harga bervariasi mulai dari 25 sampai 35 tergantung besar kecilnya jagung,”sebutnya, Senin (30/12/2019).

Menurutnya, usaha menjual jagung tersebut sudah ia lakoni setiap pergantian tahun dan dapat meraup keuntungan yang cukup besar. “Hitung-hitung sekali setahun hasilkan keuntungan,” ungkapnya.

Kata Sumi, selain menjual hasil panen dari kebun jagung milikinya di titik jalan strategis, dirinya juga menawarkan jagung yang ditanam sendiri oleh keluarganya itu melalui group-group whatsApp maupun media sosial yang ada di hand phonenya.

Hal yang sama dikatakan Jaki, pedagang jagung lainnya, dimana usaha menjual jagung di sejumlah titik jalan Kota Cantik itu sudah menjadi kebiasaan dilakukannya setiap menjelang tahun.

Jagung-jagung itu kata dia, didapatkan dengan cara membeli langsung ke sentra pertanian jagung yang ada di Kelurahan Kalampangan dan sebagian lagi hasil petani jagung dari Kecamatan Bukit Batu Palangka Raya.

“Keuntungan, ya lumayan mas,”ucap Jaki, tanpa merincikan besarnya keuntungan yang dimaksud.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!