DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Dukung Pengembangan Tanaman Pangan

Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Heri Purwanto.

PALANGKA RAYA -GERAKKALTENG.COM – Program Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) untuk berfokus pada pengembangan tanaman pangan dan hortikultura yang sesuai dengan amanat Dirjen Tanaman Pangan, mendapat dukungan dari para wakil rakyat di DPRD Kota Palangka Raya.

Seperti diungkapkan anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Heri Purwanto, bahea pengembangan Pajale (padi, jagung, dan kedelai) serta Babe (bawang merah dan cabe) sudah tepat jdilakukan di wilayah kota setempat.

,”Dengan disediakannya lahan untuk padi rawa dengan luasan sekitar 70 Ha yang berada di Kecamatan Sebangau dan Kecamatan Pahandut, tentu akan menyokong kebutuhan masyarakat lokal,”sebutnya.

Padi itu sendiri jekas Heri, merupakan kebutuhan pokok yang diperlukan oleh setiap individu. Demikian pula dengan tanaman lain seperti jagung serta pengembangan kedelai yang masih dipersiapkan akan menambah kemampuan dalam mencukupi kebutuhan masyarakat.

Sedangankan untuk komoditas Babe (bawang merah dan cabe), yang akan dikembangkan, maka haruslah mampu menjadi perhatian pemerintah agar tingkat keberhasilan penanaman tanaman hortikultura tersebut menjadi bagian penting dari kebutuhan masyarakat.

“Iya, ada sejumlah kelompok tani di Kecamatan Sebangau yang mencoba membudidayakan tanaman bawang merah, namun tidak maksimall. Karenanya, pihak terkait haus mendorong upaya pengembangan budi daya itu,” beber politikus Partai Hanura ini.

Selebihnya Heri menyampaikan, selain berfokus pada lima tanaman tersebut, maka pemerintah harus terus mendorong agar pihak terkait tetap mengembangankan sayur-sayuran. “Seperti tomat dan terong yang di lakukan di Taman Teknologi Pertanian yang berada di Desa Banturung Kecamatan Bukit Batu,”tutupnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *