DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Langkah Tepat Dana PEN Bantu UMKM untuk Bangkit

Pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dilaksanakan pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, dinilai sudah berjalan dengan baik.

Foto : Anggota DPRD Palangka Raya, Susi Idawati

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dilaksanakan pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, dinilai sudah berjalan dengan baik.

“Iya, sejauh ini pemko sudah mengalokasikan dana PEN dengan tepat. Salah satunya untuk menggeliatkan kembali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada,” ungkap anggota DPRD Palangka Raya, Susi Idawati, Selasa (2/8/2022).

Srikandi DPRD Palangka Raya dari Partai Nasdem ini mencontohkan beberapa kebijakan dari dana PEN bagi UMKM, seperti subsidi bunga pinjaman, restrukturisasi kredit, pemberian jaminan modal kerja dan insentif perpajakan.

“Tentunya pemerintah menyadari betapa pentingnya
UMKM untuk bangkit dan menggeliat guna berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi. Karena itu UMKM perlu dukungan. Salah satunya dalam penguatan modal,”tuturnya.

Tidak hanya sampai disitu saja, UMKM sejatinya perlu difasilitasi secara cepat, begitu mendapatkan kesempatan atau begitu dapat peluang ingin mendapatkan modal. Karena hambatan utama sekarang di bisnis konvensional, modalnya itu adalah uang.

Sekedar diketahui, secara nasional salah satu upaya pemerintah mendorong kebangkitan UMKM adalah dengan memberi dukungan sebesar Rp184 triliun. Alokasi ini termasuk dalam program PEN yang total anggarannya mencapai Rp699 triliun pada 2021.

“Bisa dipastikan dari alokasi anggaran PEN sebesar itu, maka 20 persen lebih diantaranya difokuskan untuk membantu UMKM,”pungkas Susi.(VD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *