Barito SelatanDPRD Barito SelatanHEADLINE

Antisipasi Banjir, Politikus Ini Sarankan Drainase Dibenahi

“Mengingat kita tengah memasuki musim penghujan, saya kira perlu adanya penataan drainase di lingkungan gang-gang dan pemukiman yang ada di Kota Buntok, seperto gang Pematang Pungsi, Jalan Karau serta beberapa lokasi pemukiman lainnya,” sarannya.

FOTO : Anggota Komisi II DPRP Barsel, Rusinah Andelen, bersama Nurul Hikmah, saat berkunjung di Kecamatan Dusun Utara, beberapa waktu lalu.

gerakkalteng.com – BUNTOK – Memasuki musim penghujan, anggota Komisi II DPRD Barito Selatan, Rusinah Andelen mengingatkan, agar instansi terkait segera menata drainase di lingkungan pemukiman di Kota Buntok.

Disampaikan oleh Rusinah, ada beberapa lingkungan pemukiman di Kota Buntok yang perlu segera dilakukan penataan.

Hal ini, dikatakannya lagi, guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti banjir dan sebagainya, mengingat beberapa bulan ke depan berdasarkan informasi dari badan meteorologi dan geofisika, akan terjadi curah hujan yang tinggi.

“Mengingat kita tengah memasuki musim penghujan, saya kira perlu adanya penataan drainase di lingkungan gang-gang dan pemukiman yang ada di Kota Buntok, seperto gang Pematang Pungsi, Jalan Karau serta beberapa lokasi pemukiman lainnya,” sarannya.

Menurutnya, dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk di suatu pemukiman, maka jumlah bangunan baik rumah ataupun jalan, akan semakin bertambah padat. Sehingga, perlu dilakukan penataan ulang drainase di pemukiman-pemukiman padat penduduk tersebut.

“Yang jelas kondisi curah hujan cukup tinggi ini, Pemerintah melalui dinas terkait harusnya mengontrol kembali dan menata ulang saluran daerah-daerah yang saat ini masih tergenang saat hujan deras,” katanya.

Lanjut Ketua DPD Nasdem Barito Selatan yang akrab disapa Duin ini lagi, selain meminta SOPD terkait, dirinya juga meminta kesadaran masyarakat untuk menjaga selokan diwilayahnya masing-masing dapat berfungsi dengan baik.

Karena, kurang baiknya sistem saluran air di suatu wilayah pemukiman, akan menimbulkan banyak dampak buruk bagi warga yang menempatinya, baik itu bisa menyebabkan banjir, dan bahkan menjadi sarang penyakit.

“Selain perlu adanya dukungan dari Pemerintah Daerah, kita juga meminta kesadaran masyarakat untuk menjaga selokan wilayahnya masing-masing agar berfungsi dengan baik,” pesannya. (Nanang/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!