DPRD Pulang PisauPulang Pisau

Pemkab Perlu Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana

"Berkaca dari bencana alam yang menimpa beberapa daerah di Indonesia, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung, saya berharap Pemkab melalui BPBD dan dinas terkait siap siaga untuk melakukan berbagai upaya jika terjadi bencana," kata Wakil Ketua DPRD Pulpis, H. Ahmad Fadli Rahman, Selasa (14/1/2020).

gerakkalteng.com – PULANG PISAU – Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) minta pemerintah kabupaten setempat, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Diantaranya, banjir, angin puting beliung dan tanah longsor, karena mengingat saat ini memasuki musim pergeseran cuaca ekstrim, sehingga mengakibatkan bencana di beberapa daerah di Indonesia.

“Berkaca dari bencana alam yang menimpa beberapa daerah di Indonesia, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung, saya berharap Pemkab melalui BPBD dan dinas terkait siap siaga untuk melakukan berbagai upaya jika terjadi bencana,” kata Wakil Ketua DPRD Pulpis, H. Ahmad Fadli Rahman, Selasa (14/1/2020).

Politisi PDIP Pulpis ini berharap, Pemkab Pulpis melalui dinas terkait meningkatkan koordinasi dan melakukan persiapan-persiapan, mulai dari peralatan, personil dan memetakan daerah rawan bencana. Misalnya di daerah Banama Tingang, Kahayan Kuala dan Jabiren Raya jika memasuki musim hujan selalu menjadi langganan banjir musiman.

“Agar tidak terjadi korban, masyarakat harus diingatkan dan di berikan sosialisasi untuk meningkatkan kewaspadaan. Jika air mulai naik, masyarakat diminta untuk mengungsi ditempat yang aman” ujarnya.

Wakil rakyat dari Dapil Maliku dan Pandih Batu ini menyebutkan, bahwa cuaca saat ini sulit di prediksi. Namun, jika semua elemen mampu berkoordinasi dan berkomunikasi, serta meningkatkan kewaspadaan, maka jika terjadi bencana semuanya sudah siap dengan perannya masing-masing.

“Mulai dari masyarakat, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Perikanan serta dinas terkait lainnya harus meningkatkan koordinasi dengan baik bersama BPBD, sehingga jika terjadi bencana semua dapat di antisipasi dengan baik,” pungkasnya. (ars/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!