Barito SelatanDPRD Barito SelatanHEADLINE

Besbes : Konsumsi Ikan Segar untuk Cegah Stanting

"Kita mau semua warga kita, mulai sekarang harus lebih menggemari (olahan) ikan segar ketimbang ikan kering/asin," ajaknya, saat ditemui awak media, Selasa (18/2/2020).

FOTO : Anggota Komisi III DPRD Barito Selatan, Bhaskarogra Basuki Dwiatmaja.

gerakkalteng.com – BUNTOK – Guna mendukung program pencegahan stunting, Anggota Komisi III DPRD Barito Selatan, Bhaskarogra Basuki Dwiatmaja, SM mengajak seluruh masyarakat di Bumi Batuah tersebut untuk gemar makan olahan ikan segar dan sayur-mayur.

Ajakan ini, disampaikan pria yang akrab disapa Besbes ini dengan tujuan agar seluruh keluarga di Kabupaten bersemboyan Dahani Dahanai Tuntung Tulus itu lebih gemar makan makanan olahan ikan segar dibandingkan ikan asin/kering.

“Kita mau semua warga kita, mulai sekarang harus lebih menggemari (olahan) ikan segar ketimbang ikan kering/asin,” ajaknya, saat ditemui awak media, Selasa (18/2/2020).

Imbauan gemar makan olahan ikan segar ini, berawal dari keprihatinannya terhadap pola konsumsi kebanyakan warga Barsel yang menurutnya lebih menggemari olahan ikan kering/asin, mie instan serta ikan kemasan kaleng.

Padahal, menurut politikus Nasdem ini lagi, dibandingkan ikan kering/asin, mie instan dan olahan ikan kaleng, nutrisi yang dikandung ikan segar lebih banyak dan lebih aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

Selain itu, ia juga merasa khawatir dengan banyaknya informasi, bahwa produk-produk ikan kering/asin, mie instan dan olahan ikan kaleng, yang mengandung pengawet dan dicemari oleh mercuri. Sehingga, tidak aman untuk di konsumsi oleh manusia.

“Nutrisi yang terkandung di dalam ikan segar, tentu saja lebih banyak dan lebih aman untuk dikonsumsi, apalagi sekarang banyak produk olahan ikan kering/asin, mie instan dan ikan kaleng, yang informasinya berbahan pengawet serta mengandung mercuri, itu berbahaya kalau dimakan,” jelasnya.

Ajakan gemar makan olahan ikan segar dan sayur mayur ini, menurutnya penting dikampanyekan kepada seluruh keluarga di daerahnya. Selain memotivasi masyarakat agar lebih gemar hidangan sehat, juga bermanfaat mendukung program kerja pemerintah mencegah stanting.

“Dengan konsumsi nutrisi yang lebih baik, maka masyarakat kita juga akan lebih sehat. Selain itu, dengan kampanye ini, diharapkan bermanfaat juga untuk mendukung pola asuh dan program kerja pemerintah dalam upaya pencegahan stanting di Barsel ini,” tandasnya.(Nanang/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!