Barito TimurDPRD Barito TimurHeadline

Bupati Bartim Keluarkan Surat Edaran Sikapi Covid-19

Hal itu dilakukan dalam segala upaya untuk menghadapi dan mengantisipasi merebaknya penyebar Wabah Virus Corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Barito Timur.

FOTO : Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur berserta unsur Muspida lainnya saat melakukan press conference bersama Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran.

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Merebaknya virus corona atau Covid-19 di Indonesia mendapat perhatian yang sangat serius Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas.

Hal itu dilakukan dalam segala upaya untuk menghadapi dan mengantisipasi merebaknya penyebar Wabah Virus Corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Barito Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, dr. Simon Biring mengatakan, dari surat edaran Bupati Barito Timur Nomor 440/425/Dinkes/III/2020 tentang Kesiapsiagaan Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19) di wilayah Kabupaten Barito Timur.

“Dalam memuat empat poin penting ini yang disampaikan kepada semua pihak staekholder dan pemangku kepentingan di daerah itu,” ucap Simon Biring, Kamis (19/3/2020).

Ia menambahkan, dari empat poin yang disampaikan Ampera kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), supaya untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga kebersihan dan pola hidup sehat sejak dini. Kedua, meminta semua para Camat, lurah dan Kepala Desa Se- Kabupaten Barito Timur untuk proaktif memantau serta memberikan edukasi mengenai bahaya Covid- 19.

“Jika ada keluarga yang datang dari luar daerah yang positif corona dengan keluhan batuk, flu, demam tinggi dan sesak nafas mohon dilaporkan ke Puskesmas terdekat atau dinas kesehatan,” pesanya.

Dirinya menambahkan, pada poin ketiga Bupati sangat meminta kepada pihak RSUD Tamiang Layang agar selalu siap siaga dan memantau semua pasien yang masuk. Jika ditemukan adanya indikasi yang mengarah pada tertularnya Virus Corona Covid-19 dan segera lakukan kordinasi dengan pihak rumah sakit rujukan serta melaporkan ke pimpinan. Keempat, meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak usah panik serta selalu menjaga kesehatan, dan kebersihan lingkungan dan rumah sekitar kita.

“Gunakan masker jika batuk atau flu,” pintanya.

Dikatakan Simon, untuk aktualisasi kesiapsiagaan ini disamping juga melalui edaran ini dari pihak Pemkab Barito Timur sendiri telah membentuk satgas untuk menghadapi Virus Corona (Covid-19) di daerah ini, dan yang pasti sebagaimana imbuan Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Barito Timur jangan panik dan tetap tenang. Jaga kesehatan diri dan keluarga dengan perilaku hidup bersih dan sehat,” pungkasnya. (ags/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *