DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Covid-19 Mewabah, Stok Sembako Masih Aman

“Harga kebutuhan pokok masih stabil. Kenaikan harga hanya terjadi beberapa sembako,” ungkap Bupati Kotim Supian Hadi, Minggu ( 29/3/2020).

gerakkalteng.com – SAMPIT – Di tengah mewabahnya Covid-19, harga sejumlah kebutuhan bahan pokok (sembako) di Kabupaten Kotawaringin Timur (kotim) mengalami kenaikan, seperti gula pasir, minyak goreng curah, daging ayam ras, bawang merah dan bawang putih. Sementara untuk harga sembako lainnya masih relatif seperti hari biasa.

“Harga kebutuhan pokok masih stabil. Kenaikan harga hanya terjadi beberapa sembako,” ungkap Bupati Kotim Supian Hadi, Minggu ( 29/3/2020).

Kata Supian Hadi untuk stok ketersediaan bahan sembako relatif tercukupi yang tersebar di pasaran. Hanya saja komoditi gula pasir mengalami lonjakan pembelian. Hanya seperti harga gula pasir saat ini saja yang tembus sampai Rp 21.000 perkilogramnya.

“Yang sebelumnya harga komoditi itu Rp20.000 perkilogram,” bebernya.

Bupati dua periode itu mengimbau, agar masyarkat tidak usah panik sebab persediaan sembako di pasaran masih aman dan harga masih terkendali. Walaupun aktivitas di pasar saat ini terbilang sepi. Bahkan pendapatan para pedagang jauh menurun sebelum mewabahnya Covid-19.

“Pendapatan pedagang saat ini menurun drastis sementara tidak ada lonjakan atau peningkatan daya beli masyarakat, otomatis ketersediaan masih cukup,” terang Supian.

Dia mengingatkan, pedagang untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Karena itu salah satu faktor utama untuk menangkal dari bahaya virus tersebut. Selain itu, kata Supian Pemkab Kotim akan menyediakan wastafel disetiap sudut PPM ini, termasuk pasar lainnya di Kotim.

“Wastafel nanti akan kita sediakan untuk pedagang atau pembeli mencuci tangan agar dapat memutus rantai penyebaran virus ini,” tukasnya.

Seperti diketahui, sejumlah minimarket di Kota Sampit saat ini membatasi pembelian gula pasir. Setiap pembeli hanya dibolehkan membeli dua kilogram gula pasir. (sog/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *