DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

RSUD dr Murjani Sampit Sudah Siapkan Ruang Isolasi

“Pihak RSUD dr Murjani Sampit sudah menyiapkan ruang isolasi tambahan dengan total kapasitas 16 tempat tidur hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pasien suspect virus Covid-19 dan ruang tersebut sudah bisa digunakan,” katanya, Minggu (22/3/2020).

gerakkalteng.com – SAMPIT – Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Supian Hadi didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Faisal Novendra Cahyanto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Multazam serta manajemen RSUD dr Murjani Sampit meninjau penyelesaian ruang isolasi tambahan bagi pasien yang terpapar Covid-19

“Pihak RSUD dr Murjani Sampit sudah menyiapkan ruang isolasi tambahan dengan total kapasitas 16 tempat tidur hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pasien suspect virus Covid-19 dan ruang tersebut sudah bisa digunakan,” katanya, Minggu (22/3/2020).

Menurutnya, pihak RSUD saat ini tengah disiapkan ruang Teratai untuk ruang isolasi dengan kapasitas 20 tempat tidur. Hal ini untuk persiapan apabila ada warga yang terjangkit virus tersebut, pemerintah daerah juga juga akan segera menyiapkan peralatan tambahan seperti mesin rontgen portable untuk memudahkan tindakan dan mengantisipasi pasien dalam jumlah banyak.

“Selain itu juga alat pelindung diri juga segera ditambah untuk mengantisipasi jika banyaknya kebutuhan akibat pasien yang ditangani cukup banyak. Hal ini penting agar petugas medis yang menangani pasien aman dan tidak sampai tertular virus corona tersebut,” jelasnya.

Bupati dua periode ini juga mengatakan, pengadaannya akan dilakukan secara cepat karena diperbolehkan dalam aturan dan dalam kondisi seperti sekarang. Mudah-mudahan semua peralatan tambahan yang diperlukan itu segera terpenuhi cepatnya. Hal ini harus diantisiapsi lebih jauh lagi sebab RSUD dr Murjani Sampit merupakan rumah sakit rujukan bagi daerah lain.

“Saya berharap virus corona itu tidak sampai mewabah di Kabupaten Kotim, tetapi walaupun begitu, antisipasi harus tetap kami lakukan, diantaranya menyiapkan ruang isolasi dengan kapasitas memadai serta peralatan yang lengkap karena rumah sakit ini menjadi salah satu rujukan penanganan Covid-19,” terang Supian.

Supian Hadi juga menambahkan untuk jangka panjang nanti, pemerintah daerah harus perlu membangun sebuah gedung khusus untuk isolasi penanganan penyakit menular. Hal itu mengantisipasi wabah penyakit menular yang cukup sering terjadi. (sog/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!