DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Berdayakan Peternak Lokal

Anggota DPRD Palangka Raya, Ruselita

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Baru-baru ini tersiar kabar jika pemasok ayam potong dari Kalsel akan memboikot pasokan ayam ke daerah Kalteng khususnya Palangka Raya.

Hal itu dikarenakan adanya penjagaan ketat di lintas batas sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus korona masuk ke Kota Palangka Raya. Terutama orang ataupun transportasi yang datang dari Kalsel yang sampai saat ini di provinsi itu terjadi peningkatan kasus Covid-19.

Kalaupun untuk bisa masuk ke Kota Palangka Raya, maka travel, maupun armada pemasok logistik seperti pendistribusian ayam potong, harus menyertakan surat bebas atau sehat dari dinas Kesehatan terkait.

Namun kenyataannya, hal itu masih belum bisa dipenuhi oleh para sopir sehingga mereka harus disuruh putar balik. Termasuk armada pendistribusi ayam potong,sehingga dikhawatirkan akan berdampak pada minimnya pasokan komoditas itu di Kota Palangka Raya.

Melihat akan hal ini, anggota DPRD Palangka Raya, Ruselita mengatakan, dimasa pandemi yang terjadi saat ini maka segala peraturan ibaratnya seperti buah simalakama.

Jika peraturan tidak diterapkan maka akan berdampak pada peningkatan kasus Covid-19.
Namun ketika diterapkan akan berdampak pada banyak sisi. Contohnya pasokan ayam terhambat masuk,”ungkap Ruselita, Rabu (27/5/2020).

Dengan kondisi ini lanjut Ruselita, ada baiknya para peternak ayam potong yang ada di Kota Palangka Raya untuk mulai menata dengan baik budidaya ternak ayam.Paling tidak bisa lmenutupi segala kekurangan ketika pasokan terkendala. Dengan begitu harga ayam yang dijual di pasaran akan stabil.

Namun begitu, bila kedepan adanya upaya melakukan pengembangakan ternak lokal, akan tetapi bukan berarti Palangka Raya tidak mengharapkan pasokan dari daerah lain. Namun hanya sebagai menjaga ketahanan pangan bagi daerah ketika menghadapi berbagai kendala,

“Nah, saatnya dinas terkait lebih memberdayakan lagi peternak ayam potong lokal. Sehingga tidak sepenuhnya berharap pasokan dari luar daerah, apalagi seperti masa pandemi saat ini,”tandas Ruselita.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *