Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Saat Bantu Persalinan, APD Wajib Dipakai Bidan

"Semua bidan di Barito Timur, baik di kota maupun desa kami wajibkan untuk menggunakan APD lengkap saat menolong persalinan. Karena itu yang belum punya APD saya persilahkan ambil APD ke dinas," ucap Simon Biring, Senin (11/5/2020).

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, dr. Simon Biring mengatakan, semua bidan di Kabupaten Barito Timur baik di desa maupun kota diperlengkapi dengan Alat Pelindung Diri atau APD.

“Semua bidan di Barito Timur, baik di kota maupun desa kami wajibkan untuk menggunakan APD lengkap saat menolong persalinan. Karena itu yang belum punya APD saya persilahkan ambil APD ke dinas,” ucap Simon Biring, Senin (11/5/2020).

Menurut Simon, selain hal ini merupakan prosedur Asuhan Persalinan Normal (APN), yaitu menggunakan penutup kepala, goggles, masker, sarung tangan, apron dan sepatu boot, juga sebagian dari bentuk upaya tim Gugus Tugas Covid-19 Barito Timur untuk terus menekan penyebaran virus korona atau Covid-19.

“Dan kita berada dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, jadi protap pertolongan persalinan juga harus menggunakan mekanisme Covid-19,” kata dia.

Dirinya menjelaskan, prosedur tersebut juga untuk melindungi tenaga kesehatan dari resiko tertular Covid-19 dari orang tanpa ada gejala.

“Saya tidak mau kalau ada tenaga kesehatan yang menjadi korban dalam penanganan Covid-19, oleh karena itu semua tenaga kesehatan Barito Timur agar wajib mematuhi protap yang ada,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!