HEADLINEKatingan

450 Mahasiswa Universitas Palangka Raya Melaksanakan KKN Ke 30 Desa Di Katingan

“Semoga kegiatan KKN Mahasiswa ini diwujudkan dalam bentuk bhakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat selama kurang lebih dua bulan. Selamat bertugas sebagai Mahasiswa yang merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tutupnya.

 KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, melalui Asisten I Setda Katingan Hariawan, melepas secara resmi keberangkatan 450 Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Palangka Raya untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode I Tahun 2023.

Mahasiswa/Mahasiswi ini nantinya akan ditempat pada 30 Desa, khususnya diwilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing, Pulau Malan dan Katingan Tengah. Masing-masing kelompok KKN setiap desa akan didampingi 1 orang Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

Asisten I Setda Katingan, Hariawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak perguruan tinggi Universitas Palangka Raya yang telah melakukan penerjunan mahasiswanya guna melaksanakan KKN di Kabupaten Katingan pada tahun 2023 ini. Tema yang diangkat adalah KKN Membangun Desa.

“Tentu program ini merupakan program kerja kepada kelompok mahasiswa-mahasiswi untuk membangun kreativitas dan inovasi. Ini sesuai potensi dan masalah yang dihadapi setiap kelompok dan masyarakat setempat yang didampingi Dosen Pembimbing serta mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah serta masyarakat desa,” jelas Hariawan.

Sesuai acuan yang dipedomani, tentunya ada beberapa penerapan kuliah kerja nyata yang harus dilakukan. Diantaranya adalah melakukan Implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung keberhasilan dan keberlanjutan program desa, melakukan penguatan sosial budaya dan kearifan lokal, melakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan kelembagaan dalam mendukung sustainable development gools desa, dan penguatan ekonomi dan kesehatan masyarakat pasca covid-19.

“Semoga kegiatan KKN Mahasiswa ini diwujudkan dalam bentuk bhakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat selama kurang lebih dua bulan. Selamat bertugas sebagai Mahasiswa yang merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua rombongan Mahasiswa KKN Universitas Palangkaraya, Evi Veronika, mengatakan tujuan KKN antara lain menerapkan atau orientasi teori-teori yang mereka dapat dibangku kuliah akan dipraktekkan kelapangan.

“Pelaksanaan KKN ini dilaksanakan selama 2 bulan. Diharapkan para Mahasiswa selama KKN di Desa mampu mengabdikan diri kemasyarakat, peduli terhadap keadaan desa untuk menjadikan desa tersebut bisa mandiri, maju dan sejahtera,” ucapnya.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!