DPRD Kota Palangka RayaHeadlinePalangka Raya

Pemda Harus Perhatikan Lansia

Hj. Mukarramah : Dalam masa pandemi Covid-19,kelompok lansia harus mendapatkan perhatian dari pemerintah.

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) pada masa pandemi Covid-19 ini, berada pada posisisi rentan. Bahkan berdasarkan laporkan menyebutkan kelompok usia kruasial ini banyak meninggal dunia akibat Covid-19.

Menyikapi akan hal ini, anggota Komis C DPRD Palangka Raya, Hj. Mukarramah tidak memungkiri bila dalam masa pandemi Covid-19 ini, warga lansia menjadi masyarakat yang paling rentan dan memiliki resiko paling tinggi dibandingkan yang lainnya.

“Sudah sewajarnya bila kelompok lansia ini harus mendapatkan perhatian dari pemerintah. Termasuk warga lansia di Kota Palangka Raya,’ungkapnya, Rabu (10/6/2020).

Lebih jauh legislator Partai Nasdem ini mengungkapkan, sejatinya setiap pemerintah daerah (Pemda) sudah diamanatkan oleh perundang-undangan untuk menjalankan komitmen terhadap pelayanan kepada kelompok masyarakat lanjut usia.

Hal itu tercermin dengan diterbitkannya perundang undangan lanjut usia, yang cukup memadai sebagai aturan kegiatan pelayanan kesejateraan lanjut usia. Seperti Undang-undang nomor 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia.

Kemudiaan selanjutnya ada peraturan pemerintah nomor 43 tentang upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia. Berikutnya Kepres nomor 52 tahun 2004 tentang komisi nasional lanjut usia dan Permendagri nomor 60 tahun 2008 tentang komda lanjut usai di daerah.

‘Nah aturan ini sudah semestinya harus ditindak lanjuti oleh pemerintah daerah. Termasuk Pemerintah Kota Palangka Raya. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini membuat lansia membutuhkan perhatian lebih,”tutur Mukarramah.

Menurutnya, dampak pandemi virus sat ini bukan hanya dapat menurunkan kesehatan dan kemampuan bagi masyarakat kelompok lansia. Mereka pun terdampak secara ekonomi

“Kelompok lansia ini perlu mendapat prioritas manakala negara bicara soal bansos ataupun bicara usaha ekonomi produktif dalam penguatan modal usaha di tengah pandemi. Pemerintah harus hadir untuk lansia,”demikian Mukarramah.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *